Meski Harga Naik, Apartemen di Cikarang Tetap Laris

Big Banner

CIKARANG, KOMPAS.com – Kawasan Cikarang mewujud sebagai salah satu pusat industri di Indonesia. Berbagai macam perusahaan asing dari negara-negara Asia seperti Jepang, Korea, Malaysia, Cina, dan Taiwan membuat kawasan ini dijuluki sebagai Little Asia. Faktor itu yang kemudian membuat harga lahan dan hunian meroket tajam dalam beberapa tahun terakhir.

The Oasis Cikarang adalah salah satu proyek hunian yang kenaikan harganya lumayan pesat. Meski harganya naik, dua apartemen di proyek hunian terpadu milik PT Nusantara Prospekindo Sukses (NPS), anak perusahaan PT Cowell Development Tbk itu sudah terjual habis.

“Mahogany Residence sekarang sudah sold out, dulu dimulai dengan harga Rp 10 juta per meter persegi. Sementara kalau Acacia Tower dijual dengan harga Rp 14,7 juta per meter persegi,” ujar Chief Operation Officer Residential 2 PT Cowell Development Tbk, Wahyu Hartanto, di Cikarang, Sabtu (24/10/2015).

Kenaikan harga khususnya yang terjadi pada Acacia Tower sudah dimulai dalam dua tahun terakhir. Bahkan Acacia Tower mengalami dua kali kenaikan, yakni dari Rp 10 juta per meter persegi ke Rp 13,4 juta dan dari Rp 13,4 juta per meter persegi ke Rp 14,7 juta per meter persegi.

NPS memprediksi akan ada kenaikan harga lahan lagi dalam kurun waktu dua tahun mendatang.

“Kami akan membangun tower ketiga di The Oasis Cikarang ini. Tower itu kami perkirakan akan mencapai harga Rp 16 juta sampai Rp 17 juta per meter perseginya karena akan dibangun pada 2017,” ungkap Wahyu.

Kenaikan harga lahan itu juga berimbas pada harga hunianThe Oasis Cikarang. Harganya berkisar antara Rp 500 juta sampai dengan Rp 1,1 miliar.

“Harga untuk ukuran studio di Acacia Tower sekitar Rp 500 juta. Untuk one bedrom harganya Rp 800 juta dan two bedrooms kita jual dengan harga Rp 1,1 miliar,” jelas Direktur Sales dan Marketing NPS, Supriantoro.

Ekspatriat asing yang bekerja di kawasan industri Cikarang menjadi salah satu target NPS dalam menjual unit di The Oasis Cikarang. Faktor kedekatan dengan lokasi kerja menjadi salah satu keunggulan terdepan The Oasis Cikarang.

“Pertimbangan para ekspatriat memiliki unit di The Oasis Cikarang adalah lokasi yang dekat dengan berbagai macam perusahaan. Jarak tempuhnya ke lokasi kerja hanya lima menit. Kedua, konsep integrasi dengan berbagai tempat seperti RTH seluas 1,3 hektar, rumah sakit, townhouses, dan fasilitas olahraga juga menjadi pertimbangan mereka,” jelas Supriantoro.

Rencananya, proses serah terima unit di Mahogany Residence akan dilakukan pada Desember 2015.

properti.kompas.com