Menteri Agraria : Mungkinkah Menunda Pembangunan Selama 10 Tahun?

Big Banner

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) dan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ferry Mursyidan Baldan mewacanakan moratorium pembangunan di sejumlah kawasan di wilayah perkotaan. Hal ini dimaksudkan untuk mengatasi kepadatan pembangunan yang ada di perkotaan. 

“Mungkinkah di perkotaan ada suatu kawasan yang tidak bisa dibangun dalam 10 tahun ke depan?” ujar Menteri Ferry, seperti informasi yang diterima Rumahku.com

Menurutnya, semakin maraknya pembangunan di perkotaan, maka kondisi perkotaan menjadi semakin kompleks, seperti menimbulkan kemacetan yang sangat parah. Ini menunjukkan Rencana Tata Ruang Wilayah yang tidak konsisten dan semrawut. 

Ferry menambahkan, kunci mengatasi permasalahan tersebut ada pada pemanfaatan lahan karena lahan tidak bersifat ekslusif dan mutlak. Jika tata ruang sudah kokoh, maka lahan bisa diatur kegunaan dan pemanfaatannya dengan baik sehingga setiap orang tidak dapat sesukanya mengelola tanahnya. 

Untuk itu, pemerintah berencana akan melarang pembangunan fisik di suatu kawasan tertentu selama 10 tahun. Penundaan pembangunan di suatu kawasan tersebut diharapkan dapat mengatasi kerumitan masalah perkotaan saat ini dan mengontrol penggunaan lahan yang berlebihan di kota-kota besar.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me