Persiapan Rumah Hadapi Musim Hujan

Big Banner

Memasuki penghujung tahun, musim hujan kian mendekat. Banyak persiapan yang dibutuhkan untuk menghadapi perubahan cuaca yang terjadi.

Faktor kesehatan merupakan sesuatu yang harus diperhatikan karena tubuh rentan terserang penyakit flu, batuk, demam berdarah, pilek, diare dan lain sebagainya. Selain itu, hal yang tak kalah pentingnya untuk diperhatikan adalah persiapan rumah memasuki musim hujan.

Banyak hal-hal yang harus diantisipasi sebelum terjadinya hujan. Mulai dari atap bocor hingga banjir dampak tingginya intensitas curah hujan dapat mendatangkan permasalahan.

Berikut ini beberapa persiapan untuk menyambut musim hujan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Periksa atap

Pastikan bahwa tidak ada genteng yang retak dan bergeser dari posisinya. Hal ini untuk menghindari kebocoran saat hujan turun. Atap dengan bahan beton, asbes, atau sirap, yang retak dapay menggunakan kawa kasa atau waterproof untuk menutup retakan.

Periksa plafon atau karpet pelapis atap

Segera ganti plafon yang rusak untuk menghindari air yang masuk dari sela-sela genteng. Gunakan aluminium foil dengan ketebalan satu sampai dua mili meter untuk menahan rembesan air hujan.

Periksa saluran air

Saluran air terbagi menjadi dua, yakni saluran dari dalam maupun luar rumah. Untuk saluran dalam, pastikan kamar mandi dan tempat cucian piring bekerja dengan baik, menghindari genangan air dari dalam rumah. Untuk saluran luar, bersihkan selokan agar tidak tersumbat ketika hujan turun hingga terhindar dari banjir.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me