Infrastruktur Indonesia Ranking 111

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Ekonom Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri menyebutkan, menurut suvei World Economic Forum mengenai travel and tourism competitiveness report, posisi pariwisata Indonesia  berada di ranking 11, namun daya dukung infrastrukturnya ranking 111. Terhambatnya industri pariwisata ini secara tidak langsung mempengaruhi perkembangan bisnis properti, seperti hotel, kondotel, vila, dan lain-lain.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Ini artinya pembangunan infrastruktur yang dilakukan belum bisa mengangkat sektor pariwisata secara signifikan. Sayang banget, tuhan sudah kasih kita keindahan alam yang sangat luar biasa tapi kita tidak bisa memberikan dukungan yang baik untuk meningkatkan perekonomian,” ujarnya pada  acara diskusi di Jakarta, awal pekan ini.

Lebih lanjut, akses yang belum memadai untuk menuju tempat-tempat yang indah dan disukai turis lokal maupun manca negara, disebut Faisal akan membuat wisatawan malas dan mengurungkan niatnya untuk berkunjung. Untuk itu ia mendorong agar pemerintah terus melakukan percepatan pembangunan infrastruktur sehingga bisa semakin mengangkat perekonomian khususnya di bidang industri pariwisata.

Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Hermanto Dardak, mengakui saat ini masih banyak tantangan untuk pengembangan infrastruktur di Indonesia. “Makanya kami mengembangkan pola pembangunan wilayah pengembangan strategis (WPS) sebagai basis perencanaan keterpaduan infrastruktur di Indonesia. WPS ini juga akan dipadukan dengan infrastuktur sumber daya air (SDA) sehingga saling terkait dan komprehensif,” jelasnya.

Saat ini, lanjut Hermanto, pemerintah telah membagi wilayah Indonesia menjadi 35 WPS. Pola pengembangan WPS akan membuat keterpaduan dengan pelabuhan dalam rangka pengembangan tol laut untuk menunjang kawasan startegis pariwisata hingga pengembangan kawasan industri.

“Untuk pengembangan kawasan strategis pariwisata di tahun 2015 ini, kami tengah membangun jalan nasional untuk daerah pariwisata Wakatobi sehingga bisa mempermudah pengunjung yang akan menuju ke sana. Ini menjadi perhatian serius pemerintah selain untuk menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akhir tahun ini,” tandasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me