Siap-Siap, Tarif Tol Akan Naik Lagi

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Operator jalan tol PT Jasa Marga Tbk bersiap menaikkan tarif di 11 ruas jalan tol dari 13 ruas jalan tol yang dikelolanya. Keputusan menaikkan tarif tol ini menurut Sekretaris Perusahaan Jasa Marga, Muhammad Sofyan, sudah mendapatkan persetujuan pemerintah dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera).

tol jagorawi

Ilustrasi

“Besar kenaikannya ditentukan hitungan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), tapi menurut hitungan kami rata-rata kenaikannya 10-11 persen. Ini akan berlaku akhir Oktober ini, kami tinggal menunggu keputusan pemerintah,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima housing-estate.com di Jakarta, Rabu (28/10).

Operator jalan tol lainnya, PT Marga Mandalasakti, berharap kenaikan tarif jalan tol  segera berlaku. Selama ini operator mengalami kerugian akibat inflasi tinggi. “Perkiraan kami untuk jalan rol Tangerang-Merak yang kami kelola sepanjang 73 km kenaikannya bisa 14 persen dan ini untuk menutupi kerugian inflasi yang sudah terjadi,” kata Wiwik Dianawati, Presiden Direktur Marga Mandalasakti.

Wiwik menyatakan kenaikan tariff ini ini tidak terlalu signifikan terhadap pendapatan perusahaan. Hal ini dikarenakan lintas harian rata-rata (LHR) di ruas Tangerang-Merak masih rendah. Angkanya baru sekitar 120 ribu per hari dari LHR ideal  sebesar 135 ribu. Surat keputusan untuk penyesuaian tarif 13 ruas tol ini sudah disetujui oleh Kemenpupera karena operator sudah bisa memenuhi persyaratan pemerintah.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me