BTN Salurkan KPR Untuk Pekerja Informal

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Para pekerja informal yang jumlahnya sangat besar sampai sekarang masih sulit mengakses KPR (kredit pemilikan rumah). Perbankan belum mengakomodir mereka dan hanya fokus pada pekerja berpenghasilan tetap (formal). Padahal para pekerja informal tersebut cukup potensial dan mereka membutuhkan tempat tinggal layak.

Ilustrasi: pedagang di Pasar Modern Bintaro Jaya

Ilustrasi: pedagang di Pasar Modern Bintaro Jaya

Untuk mengakomodir mereka Bank BTN tengah menyiapkan produk KPR khusus yang akan menyasar kelompok-kelompok usaha informal. Sebelumnya BTN sudah meluncurkan produk Tabungan Perumahan untuk masyarakat menabung sehingga nanti pemberian fasilitas KPR dilihat dari catatan tabungannya. “Produk KPR yang kami persiapkan untuk pekerja informal akan menyasar langsung kelompok-kelompok usaha informal, misalnya industri dan penjualan batik di Pekalongan,” ujar Maryono, Direktur Utama Bank BTN, di sela-sela penandatanagan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan di Jakarta, Selasa (27/10).

Produk KPR informal formatnya seperti kredit UMKM sehingga bunga kreditnya berdasarkan risiko pekerjaan kreditornya dan dijamin juga dengan asuransi. Pada tahap awal akan disalurkan KPR informal untuk seribu unit rumah. Alokasi anggaran selanjutnya akan disesuaikan dengan tingkat permintaan masyarakat.

“Program ini kita akan kita laksanakan bulan Oktober 2015, prioritasnya di kawasan Indonesia timur, yaitu Ambon, Gorontalo, Makassar, dan beberapa kota lain,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me