Dukung Perumahan Pekerja, BPJS Tempatkan Rp20 Triliun di BTN

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menjalin kerjasama dengan Bank BTN untuk mendukung pembiayaan rumah pekerja. Untuk itu BPJS akan menempatkan dananya sebesar Rp20 triliun di bank spesialis perumahan itu. Program perumahan pekerja ini bisa dimanfaatkan pekerja yang sudah menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan minimal satu tahun dan memenuhi persyaratan untuk mendapatkan fasilitas perumahan. Bank BTN akan memberikan fasilitas yang mencakup KPR, kredit konstruksi, dan pinjaman uang muka.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Ini merupakan kerja sama yang sifatnya sinergitas antara dua lembaga guna mendukung program perumahan. Ini menjadi komitmen bersama kami untuk menjawab kebutuhan perumahan bagi kalangan pekerja. Jadi program ini berupa penempatan rekening dalam bentuk deposito di Bank BTN dengan dana yang bersumber dari dana jaminan hari tua atas nama BPJS,” ujar Maryono, Direktur Utama Bank BTN, usai penandatanganan kerja sama di Kantor Pusat BPJS Jakarta, Selasa (27/10).

Kerja sama Bank BTN dengan BPJS sudah pernah dilakukan tahun 2006. Keduanya meluncurkan program perumahan bagi peserta BPJS (dulu Jamsostek) berupa kredit pemilikan rumah sederhana sehat Jamsostek (KPRSHJ), KPR Jamsostek (KPRJ), dan kredit konstruksi Jamsostek (KKJ). Tahun 2008 kerja sama berubah menjadi pinjaman uang muka (PUM),  dana yang  disalurkan lebih dari Rp560 miliar untuk 29.945 unit rumah.

Peserta BPJS yang ingin mengajukan KPR akan diberlakukan persyaratan dan ketentuan yang berlaku di Bank BTN. Suku bunganya mengacu pada BI Rate ditambah 3 persen per tahun. Untuk pinjaman program fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) bunganya tetap mengikuti ketentuan pemerintah.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Elvyn G. Masassya mengatakan, kerja sama ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Presiden minta agar BPJS tidak hanya memberikan perlindungan tapi juga kesejahteraan dasar pesertanya. “Dengan penyertaan dana BPJS di Bank BTN, peserta BPJS bisa mendapatkan bunga KPR lebih rendah karena hanya BI Rate ditambah 3 persen,” katanya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me