Konsumen di Manado Minati Proyek Rumah Murah

Big Banner

Manado – Ketua Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), William Tanos, mengatakan rumah murah makin diminati warga Kota Manado dan sekitarnya.

“Hal ini terlihat dari permintaan pembeli baik langsung ke pengembang maupun dalam ajang REI Expo 2015 di Manado selama 24 Oktober hingga 8 November 2015,” kata William di Manado, Kamis (29/10).

Dia mengatakan, meski segmen perumahan tapak yang menyasar kalangan menengah masih diminati, Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Sulawesi Utara menyatakan tren penjualan rumah tapak mulai bergeser ke kalangan menengah ke bawah.

“Pergeseran selera pasar tersebut salah satunya diakibatkan terpangkasnya daya beli masyarakat. Tidak hanya itu, pangsa pasar utama di Sulut adalah pembeli rumah pertama yang kebanyakan berasal dari pegawai negeri sipil atau pegawai swasta,” jelasnya.

Kenyataannya memang demikian. Rumah murah semakin diminati, apalagi Manado banyak kedatangan pendatang dari luar daerah,” katanya.

Hingga September 2015, katanya, REI Sulawesi Utara mampu merealisasikan pembangunan rumah murah sebanyak 2.000 unit dari target tahun ini yakni 3.800 unit.

Berdasarkan tren tahun-tahun sebelumnya, rata-rata pembangunan rumah hanya mencapai kisaran 2.400 unit hingga 2.500 unit tiap tahunnya.

Peluang pengembangan pasar rumah murah juga mulai meluas hingga ke Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Bolaang Mongondow Timur (Bolsel), dan Minahasa Utara (Minut).

Padahal, katanya, sebelumnya, pengembangan rumah murah hanya menyentuh pinggiran Kota Manado, misalnya Mapanget, Malalayang, dan Sea.

“Apalagi, peluang tersebut bertambah besar karena ada beberapa daerah yang rencananya akan dimekarkan,” tambahnya.

Dirinya mengharapkan pengembangan perumahan murah bisa mencapai hingga kawasan kepulauan karena potensi pertumbuhan ekonominya cukup bagus.

Sejumlah perbankan yang mulai mengembangkan sayap ke kawasan kepulauan menjadi peluang bagus bagi pangsa pasar perumahan rakyat,” jelasnya.

/FER

ANTARA

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me