Terisi 90 Persen, Leadenhall Resmi Dibuka

Big Banner

KOMPAS.com – Salah satu gedung tertinggi London, yakni Building Leadenhall, telah resmi dibuka untuk bisnis. Struktur yang dirancang oleh arsitek Rogers Stirk Harbour + Partners, juga dikenal sebagai Cheesegrater karena miring pada sepuluh derajat untuk memenuhi kebutuhan perencanaan agar tidak menghalangi pemandangan tengara kota seperti Katedral St. Paul dan Istana Westminster.

Untuk merayakan pembukaan, Pangeran William dan Harry datang sebagai tamu kehormatan. Mereka disambut dengan model struktur dari Lego. Model ini dibuat dengan teknik perintis yang digunakan selama konstruksi, di mana 80 persen dari bangunan merupakan struktur baja 18.000 metrik ton yang telah diprefabrikasi sebelum dikumpulkan di situs pembangunan.

“Keputusan untuk mengembangkan Leadenhall tahun 2010 adalah keputusan yang berani. Dampak dari krisis keuangan global masih belum terurai, dan posisi Kota London sebagai pusat keuangan terkemuka di dunia berada di bawah ancaman,” kata kepala eksekutif Britis Land Chris Grigg.

Meski demikian, Grigg yakin bahwa ekonomi London akan meningkat. Oleh sebab itu, Grigg memutuskan untuk memberikan sebuah bangunan yang akan menarik perusahaan terkemuka dari seluruh dunia. Grigg mengklaim, usahanya telah tercapai.

Gedung ini memiliki luas 610.000 kaki persegi atau 56.670 meter persegi, dengan jumlah 45 lantai. Leadenhall bahkan sudah mencapai tingkat okupansi 90 persen.

Leadenhall akan menjadi bagian dari struktur kota dengan tujuh lantai galleria yang akan mencakup rumput halus, tempat duduk, pohon-pohon, unit ritel dan ruang yang dikelola secara aktif, menciptakan ruang hidup dan lingkungan terbuka untuk umum.

Bangunan ini dirancang oleh Graham Stirk, partner praktek arsitektur terkenal di dunia Rogers Stirk Harbour + Partners. Profil bangunan khas yang meruncing telah dirancang untuk melindungi garis pandang dari Katedral St Paul. Sesuatu yang tidak biasa ditemukan pada bangunan tinggi.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me