Toto Ciptakan Toilet Tembus Pandang

Big Banner

KOMPAS.com — Dirancang oleh desainer yang berbasis di Studio Klein Dytham, Tokyo, Galeri TOTO adalah toilet umum di dalam Bandara Narita, Jepang. Galeri ini juga berfungsi sebagai ruang pamer. Baru-baru ini, galeri tersebut dianugerahi predikat toilet terbaik di Jepang oleh Kementerian Lahan, Infrastruktur, dan Transportasi.

Toilet ini memiliki dinding tembus pandang yang memperlihatkan siluet dari pengguna toilet di dalamnya. Tidak hanya tembus pandang, dinding ini juga dilengkapi LED, yang memainkan urutan rekaman, mulai dari pesta dansa dan pembersihan.

Arsitek bekerja sama dengan agensi Black Bass dan perusahaan tari kontemporer Strange Kinoko, menampilkan koreografi “kejadian siluet” selama 20 menit di toilet.

Setiap toilet ini juga dilengkapi dengan strip indikator LED menunjukkan berapa lama bilik telah digunakan, sehingga pengguna selanjutnya bisa melihat mana yang kemungkinan bisa segera digunakan.

“Kami tertarik pada gagasan tentang tempat paling pribadi berada di tempat yang paling umum. Kami ingin menghilangkan persepsi toilet sebagai lingkungan tertutup dan gelap, tempat penggunanya jarang bisa melihat keluar area pintu masuk,” ujar arsitek dan co-founder Studio Kelin Dytham, Mark Dytham, yang beken dengan proyek-proyek seperti kantor untuk Google dan YouTube.

Serangkaian blok toilet tersebut terbungkus dalam kaca bening dan memiliki 10 bilik toilet individu. Di balik kaca, enam dari bilik yang ditutupi satu atau dua panel LED resolusi rendah ditutupi juga dengan layar dari kain.

Ketika film diputar, layar ini menciptakan ilusi bahwa pengguna toilet menjadi tontonan untuk orang lain di terminal bandara, padahal sebenarnya pengguna memiliki privasi lengkap. Efeknya mirip dengan tampilan melalui pembatas ruangan tradisional Jepang.

Di dalam toilet, setiap bilik dihiasi dengan gambar pemandangan.

“Ketika tidak diterangi, dinding terlihat seperti tekstil dan sangat lembut, seperti layar shoji. Sebuah panel LED akan menyajikan gambar yang tajam dan keras, tetapi di sini resolusi digital yang rendah dan kain taktil memberikan gambar yang terlihat lebih seperti bayangan lembut,” kata pihak Dytham.

Setiap toilet dilengkapi dengan strip indikator LED yang menunjukkan berapa lama toilet telah digunakan. Dengan begitu, pengguna bisa melihat mana bilik yang kemungkinan bisa segera digunakan. Indikator seperti termometer ini dapat dilihat dari kedua sisi. Sementara itu, di dalam, setiap bilik dihiasi dengan gambar pemandangan.

Galeri TOTO ini terletak di Sky Lounge, yang menghubungkan Terminal Narita 2 ke terminal satelit. Galeri tersebut adalah bagian dari serangkaian perbaikan yang berlangsung di bandara dalam persiapan Olimpiade 2020.

properti.kompas.com