Mengatur Rumah Sempit dengan Banyak Kamar

Big Banner

Propertinet.com – Rumah idealnya dibangun sesuai dengan kebutuhan penghuninya. Tapi tidak semua orang mengerti dan bisa menerjemahkan keinginannya itu untuk diterapkan ke dalam desain.

Untuk keluarga engan anak lebih dari dua tentu membutuhkan rumah dengan kamar lebih banyak dibanding mereka yang punya satu atau dua anak. Sejumlah developer menangkap segmen ini dengan menawarkan rumah berkamar banyak di lahan kecil. Kavelingnya sengaja kecil agar harga jualnya lebih terjangkau. Selain itu ukuran kamarnya juga relatif kecil karena pengembang mengejar jumlah kamar.

Menurut Laura Saputra, Creative Director Klapa Interior Studio di Serpong, Tangerang, Banten, untuk rumah-rumah kompak tapi membutuhkan banyak kamar sebaiknya memang dengan custom design. “Apalagi kalau lahannya terbatas, setiap sudut dan setiap centimeter sangat berharga, untuk itu penggunaan furniturnya juga harus modular atau customized furniture,” jelasnya.

Menurut Laura, sangat sulit untuk menentukan luasan ideal bagi rumah yang ingin dirancang dengan banyak kamar. Intinya, untuk kamar anak paling tidak minimal dibutuhkan ukuran 3×3 dan kamar utama paling tidak 3×4. Sekali lagi ini harus menggunakan furnitur modular.

“Misalnya untuk kamar anak menggunakan tempat tidur sistem slide yang berfungsi juga sebagai meja belajar. Jadi satu kamar bisa untuk beragam fungsi, termasuk ketika anak beranjak besar, kamarnya memadai untuk menyimpan barang-barang koleksi dan menampung hobi dia. Pilihan lainnya, bila lahannya sangat terbatas bangunannya dibuat tiga lantai dengan resiko tampilannya seperti ruko,” katanya.

Laura mengatakan, yang sering terlupa adalah ruang service sebagai area untuk mencuci, jemur, dan setrika. Rumah dari developer umumnya tidak ada ruang seperti ini, kalaupun ada ukurannya tidak memadahi. “Ini yang bikin rumah jadi berantakan karena akhirnya proses mencuci dan menjemur baju dipaksakan dan membuat rumah menjadi tidak karuan,” tandasnya.

propertinet.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me