Alat Ini Diklaim Mampu Saring Udara Kotor di Sumatera

Big Banner

Seorang profesor bernama Prof Dr. I. Gede Wenten berinovasi menciptakan sebuah alat penyaring udara bersih yang bernama “Fresh On 2015”. Alat ciptaannya ini didedikasikan untuk membantu masyarakat di Sumatera dan Kalimantan yang kini sedang terkepung kabut asap akibat dari pembakaran hutan dan lahan gambut. 

Alat berbentuk tabung berbahan polimer ini memiliki dimensi sepanjang 50 cm diameter 7,5 cm. Tabung udara ini dilengkapi dengan membrane serat berongga atau hollow fiber di bagian dalamnya.  

Kemampuan alat ini hanyalah sekadar saringan udara. Jadi, saringan yang bisa membersihkan udara dari partikel pengotor. Partikel-partikel udara kotor itu tertangkap, lalu keluar udara bersih,” ucap profesor kelas dunia itu seperti informasi yang diterima Rumahku.com

BACA JUGA : BRIGHT GAS 5,5 KG SOLUSI MEMASAK TERBARU DARI PERTAMINA

Wenten mengatakan asap yang masuk ke dalam rumah warga bisa dibersihkan dengan alat ini karena alat ini memiliki saringan yang sangat halus berukuran sangat kecil yakni 50 nanometer. Saringan ini berfungsi untuk menangkap partikel kotor yang terandung dalam kabut asap.  

“Alat ini bisa dioperasikan secara manual menggunakan pompa sepeda. Ya, jadi banyak opsi untuk mengoperasikannya,” kata Wenten yang merupakan alumni ITB terbaik tahun 1982 itu.

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me