Sambut Hari Kesehatan Nasional, Pemeriksaan Kesehatan Tak Dipungut Bayaran

Big Banner

PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) menggelar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk Program Kesehatan Masyarakat Keliling (ProSmiling). Bekerja sama dengan Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU (Pos Keadilan Peduli Umat), pada 27 Oktober 2015 SHARP membuka posko pemeriksaan kesehatan gratis di Kampung Mandala Jaya, RT 01-02 / RW 032, Kecamatan Segara Jaya, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November mendatang.

Gizi yang kurang masih menjadi permasalahan kesehatan masyarakat di abad ke-21 ini. Berdasarkan data yang dihimpun dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Indonesia bahkan termasuk dalam lima besar negara dengan prevalensi stunting (Keadaan dimana tinggi badan berdasarkan umur rendah, atau keadaan dimana tubuh anak lebih pendek dibandingkan dengan anak-anak lain seusianya) tertinggi di Asia-Afrika.

“Ketika sel otak terganggu karena kekurangan gizi, maka potensi sumber daya manusia tersebut akan selamanya mengalami kekurangan. Karena itu, sangat penting untuk mengedukasi masyarakat mengenai makanan yang bergizi demi mencapai kesehatan yang optimal. Kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis ini adalah wujud kepedulian SHARP dalam menyambut Hari Kesehatan Nasional 2015 terhadap kesehatan masyarakat di Bekasi, yang lokasinya masih dalam Ring 1 pabrik dan layanan servis kami di Pulo Gadung, Jakarta,” ungkap Haruhiko Sano selaku Brand Strategy Group General Manager SEID.

“Warga Kampung Mandala Jaya masih banyak yang melakukan buang air besar sembarangan karena tidak adanya sarana MCK di rumah. Wilayah Kampung Mandala Jaya juga termasuk rawan air bersih dan tidak memiliki tempat pembuangan sampah khusus. Melalui kegiatan ini, kami berharap SHARP dapat membantu menjaga kesehatan masyarakat di wilayah ini sekaligus membekali mereka dengan pengetahuan mengenai makanan bergizi dan perilaku hidup bersih,” ungkap Sano.

Karena itulah, kegiatan ProSmiling kali ini menyasar beberapa fokus pelayanan. Sekitar 200 orang warga kampung memanfaatkan kegiatan ini untuk memeriksakan kesehatan diri serta balita.

Selain pemeriksaan kesehatan umum, layanan cek kesehatan dasar meliputi tes gula darah, asam urat dan kolesterol, digelar pula penyuluhan mengenai makanan berkomposisi gizi seimbang, perilaku hidup bersih, serta pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan balita, termasuk juga pemberian obat-obatan dan vitamin, pemeriksaan status gizi, dan pemberian makanan tambahan, juga pendidikan dini mengenai perilaku hidup sehat untuk anak-anak PAUD dan sekolah dasar di kampung tersebut.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me