Rumah Modern Beratap Tinggi

Big Banner

Konsultasi

Housing-Estate.com, Jakarta – Saya berencana merenovasi rumah satu lantai dengan tampilan fasad dan atap yang terlihat tinggi dan modern. Bentuk lahan agak tidak beraturan (terlampir). Lebar jalan depan rumah 8 meter. Saya telah memberi gambaran sketsa penambahan ruang dari denah awal. Yakni ada penambahan gudang, kamar pembantu, dapur bersih dan ruang keluarga. Terima kasih atas bantuannya.
Ibnu Farhan
Lubuk Linggau
Sumatera Selatan

Solusi Desain

Bentuk lahan trapesium dan luasan yang cukup besar menjadi potensi yang baik dalam hunian Bapak Ibnu sekeluarga. Dari denah asli kami menambah ruang-ruang yang ingin Bapak letakkan dalam pengembangan hunian. Gudang diletakkan di dekat garasi dengan akses pintu dari arah depan. Dari arah garasi terdapat akses pintu masuk menuju rumah langsung ke ruang makan yang berdampingan dengan dapur bersih (pantry). Dari pantry ada pintu menuju dapur kotor, kamar tidur pembantu dan toilet servis.

Rumah-Modern-Beratap-Tinggi

Ruang keluarga diletakkan di bagian tengah dan tidak bersekat dengan ruang makan serta pantry. Desain atap yang tinggi tanpa plafon datar dapat dinikmati dari ruang ini. Plafon dirancang mengikuti kemiringan atap, sehingga memberi lebih banyak ruang di bagian atas. Selain ruang tampak lapang, udara juga bisa berputar lebih baik.

Di samping ruang keluarga ditempatkan musala yang dapat mengakses pandangan luas ke taman belakang. Di sebelah sisi lain dari ruang keluarga ditempatkan kamar tidur anak berdampingan dengan kamar tidur utama yang dipisahkan oleh kamar mandi. Kamar tidur anak memiliki view ke arah taman depan, sedangkan kamar tidur utama dapat mengakses langsung ke taman belakang yang dilengkapi dengan gazebo.

Atap tinggi

Desain massa bangunan dibuat dengan tema modern yang sesuai untuk wilayah tropis. Pemakaian batuan alam pada dinding fasad juga dimaksudkan agar memberi tekstur yang natural pada tampilan bangunan modern.

Rumah-Modern-Beratap-Tinggi-21

Atap dipilih berbentuk pelana yang simpel dengan tinggi dinding sopi-sopi sekitar 6 meter. Di bagian tengah sopi-sopi kami letakkan jendela kaca kecil memanjang untuk memberi celah bagi pencahayaan alami. Untuk memaksimalkan pengudaraan dan pencahayaan di dalam rumah, diletakkan juga barisan jendela di fasad bagian depan. Penggunaan kaca nako adalah solusi yang baik untuk rumah tropis agar aliran udara lebih lancar dan sehat bagi seluruh ruangan.

Banyaknya bukaan dengan jendela kaca ditujukan pula sebagai akses untuk menikmati asrinya pengolahan lansekap halaman depan rumah yang luas. Di bagian depan juga dibuatkan sebuah teras luas dan kolam ikan mungil yang ada tepat di depan ruang tamu.

Halaman samping juga diolah dengan jalan setapak yang dibingkai oleh penghijauan dari tanaman hias. Halaman belakang dilengkapi dengan elemen kolam dan gazebo yang sangat nyaman bagi ruang berkumpul outdoor. Sisa dari halaman belakang kami biarkan sebagai taman rumput yang luas .

Detail lain pada fasad diterapkan di desain pintu garasi yang terbuat dari besi dengan motif geometris. Sedangkan desain pagar dibuat memiliki media untuk tempat tanaman rambat sehingga rumah berkesan asri.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me