Langgar Aturan, Pulau Pribadi Milik Surya Paloh Disegel

Big Banner

Pemerintah menyegel pulau pribadi milik Surya Paloh yang berada di Kepulauan Seribu. Pulau Kali Age milik Ketua Umum Partai Nasdem itu dinilai melanggar aturan reklamasi. 

“Ada perubahan bentang alam tanpa izin di pulau ini,” ujar Zainal Muttaqin, Deputi Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia, seperti informasi yang diterima Rumahku.com

Menurut Zainal, pembangunan dua helipad di Pulau Kali Age dinilai bisa merusak karang sehingga harus segera dihentikan. Apalagi pulau seluas 6,46 hektare tersebut belum mendapatkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Sehingga status kepemilikan Pulau Kali Age harus dikaji ulang sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 2014 tentang pulau dan pesisir yang mengisyaratkan tidak ada hak pribadi atas suatu pulau dan pengelolaannya pun harus memperoleh izin terlebih dahulu. 

Sejauh ini, Zainal mengaku belum mengetahui bagaimana respon Surya Paloh atas penyegelan Pulau Kali Age. Namun memang masyarakat dan pemerintah sudah menyadari adanya pelanggaran di pulau tersebut sejak tahun lalu dan akhirnya sekarang baru menghentikan pembangunannya.

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me