Jakarta Bakal Punya Pelabuhan Seperti Rotterdam

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta serius untuk mengembangkan proyek pembangunan Port of Jakarta yang dikonsep sebagai pelabuhan internasional dengan meniru pengembangan Port of Ratterdam di Belanda. Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Tuti Kusumawati, saat ini sudah dimulai penyusunan konsep awal dari proyek Port of Jakarta.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Kami sedang menyusun bahan-bahan masukan untuk pra feasibility studies terkait proyek Port of Jakarta. Proyek ini nantinya tidak hanya akan mengembangkan tiga pulau reklamasi milik DKI yaitu Pulau O, P, dan Q, tapi juga Pulau N sehingga kalau digabung bisa menjadi pelabuhan terbesar dan terbaik di kawasan,” ujarnya di Balaikota, Senin (2/11).

Dengan belajar dari Port of Rotterdern, Tuti menyebut kita bisa mengurangi kesalahan yang dilakukan sebelumnya sehingga tidak  perlu lagi proses trial and error. Proyek Port of Jakarta ini juga akan dikerjakan dengan dukungan technical assistance dari tim Belanda. Proyek ini diharapkan bisa mengangkat nama Port of Jakarta ke dunia internasional.

“Saat ini bentuk kerja samanya government to government (G to G) tapi nanti setelah dimulai pelaksanaan proyek kerja samanya business to business (B to  B). Dalam perjanjiannya, kami mengirimkan pegawai untuk belajar pengembangan Pulau O, P, dan Q, tapi nanti kalau sudah B to B pemerintah tidak terlibat lagi,” jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan Pemprov DKI Jakarta akan menjadi  pemegang saham terbesar di proyek Port of Jakarta. Beberapa perusahaan yang akan ikut terlibat antara lain PT Jakarta Propertindo (Jakpro), PT Pelindo 2 dan 3, dan Kawasan Berikat Nasional (KBN).

“Jadi nanti tiga perusahaan ini akan membentuk perusahaan baru Port of Jakarta dengan Jakpro sebagai leader-nya dengan saham terbesar sebagai representatif pemprov. Beberapa perusahaan asing pun akan ikut karena ini mega proyek, kalau ada yang mau investasi dan bangun fasilitas di sini nanti kami beli lagi. Pokoknya kami mau ada aset manajemen di sini,” imbuh Ahok.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me