Pertamina Siap Caplok Perusahaan Properti Senilai Rp800 Miliar

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pertamina, perusahaan pelat merah di bidang minyak dan gas bumi, melalui Dana Pensiun (Dapen) Pertamina bersiap mencaplok perusahaan properti. Perusahaan yang akan diakuisisi itu sudah listing atau go publik. Untuk itu Dapen Pertamina menyiapkan dana sebesar Rp800 miliar.

Ilustrasi : Gedung Pertamina

Ilustrasi : Gedung Pertamina

“Akusisi ini akan secepatnya kita lakukan di tahun ini juga. Nilainya sekitar Rp800 miliar yang bersumber dari dana internal kami dan pinjaman dari beberapa bank asing. Akuisisi emiten ini kami pilih karena lebih transparan dan datanya bisa diakses secara luas,” ujar Helmi Kamal Lubis, Direktur Utama Dapen Pertamina di Jakarta, pekan ini.

Akuisisi ini salah satu tujuannya untuk memenuhi kebutuhan hunian pensiunan Pertamina yang jumlah sekitar 46 ribu. Ini  sekaligus strategi untuk memperbesar dana investasi Dapen Pertamina. Pengambilalihan ini akan menaikkan nilai saham perusahaan yang dibeli itu.  Rumah yang akan ditawarkan kepada para pensiunan Pertamina harganya di bawah Rp500 juta. Helmi menyebut lokasi perumahannya di pinggiran Jakarta.

Setelah akusisi ini Dapen Pertamina akan membeli sebanyak 40 ribu unit rumah. Helmi tidak menjelaskan berapa hektar aset tanah yang dimiliki  perusahaan yang diakuisisi. Tapi dengan pesanan sebanyak itu perusahaan peengembang itu tinggal membangun tanpa memikirkan pemasarannya. Para pensiunan juga diuntungkan karena mendapatkan harga khusus atau diskon.

Skenario Dapen Pertamina untuk menaikkan nilai saham perusahaan yang dibeli sangat terbuka. Apabila harga rumahnya rata-rata Rp400 juta maka omset yang diraih untuk memenuhi 46 ribu pensiunan lebih dari Rp18 triliun. Tinggal mengukur berapa kemampuannya membangun dalam satu tahun. Karena itu usai akuisisi harga saham perusahaan tersebut diperkirakan langsung melambung.  Dapen Pertamina tengah merancang teknis akuisisi dan belum bersedia membuka perseroan yang akan dibelinya.

“Kami sudah jalankan serangkaian proses untuk memulai  akuisisi ini mulai survei hingga due diligence. Dengan akuisisi ini kami mengincar perusahaan properti dengan mendapatkan saham sekaligus menyediakan hunian bagi pensiunan Pertamina. Nantinya kami akan tempatkan direktur, direktur keuangan, hingga komisaris utama kalau akuisisi sudah dilakukan,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me