Tips Aman Membeli Properti Secara Online – Property

Big Banner

PADA era serba digital saat ini, masyarakat lebih suka membeli segala kebutuhan secara online, mulai dari kebutuhan sekunder seperti pakaian, hingga pembelian dengan skala besar seperti properti, dengan alasan lebih praktis dan tidak merepotkan.

Akan tetapi, Anda harus berhati-hati dalam melakukan pembelian secara online karena pembelian secara online memiliki kelemahan nyata, yaitu Anda tidak bisa melihat lansung kondisi barang yang Anda akan beli dan seperti apa orang yang sedang berbisnis dengan Anda. Anda hanya mengetahuinya sebatas dari dunia maya, dan pertukaran informasi hanya sebatas foto dan teks, atau video call.

Oleh sebab itu, untuk menghindari tindakan penipuan yang sering terjadi, sebelum Anda memutuskan untuk membeli properti, Anda harus memastikan setidaknya situs atau sumber yang Anda gunakan terpecaya.

Cara mengetahuinya adalah, cari lebih dahulu orang-orang sebelum Anda yang sudah pernah menggunakan situs atau sumber tersebut, dan tanyakan secara detail bagaimana sistem yang ada pada website tersebut, dan apakah transaksi yang dilakukan oleh orang tersebut berjalan secara baik. Selidiki juga kemungkinan adanya rumor kasus penipuan yang melibatkan situs tersebut.

Tindakan demikian perlu dilakukan, karena besaran kerugian finansial pada bisnis jual beli properti online ini termasuk besar. Kerugian yang sering diderita pembeli properti secara online adalah penipuan mengenai harga, kualitas bangunan dan kualitas tanah.

Anda juga harus bertemu lansung dengan broker properti, dan mintalah data lengkap broker. Minta broker untuk mengantar langsung ke lokasi ,dan lihat secara detail kondisi properti, apakah sesuai dengan informasi yang Anda lihat. Jangan lupa minta foto properti sebelum pergi meninjau.

Diskusikan dengan broker Anda, mulai dari kelengkapan surat-surat properti yang Anda akan beli dan lingkungan sekitarnya apakah bagus dan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

(rtw)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me