Normalisasi Ciliwung Bukan Satu-Satunya Solusi Atasi Banjir Jakarta

Big Banner

BEKASI, KOMPAS.com – Normalisasi sungai Ciliwung kini tengah dikebut Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR). Total 19 kilometer menjadi fokus normalisasi hingga Desember 2016.

Meski pada akhirnya, normalisasi tersebut tidak serta merta langsung menghindarkan Jakarta dari banjir.

“Tidak, seperti kita ketahui Jakarta ini lebih dari 40 persen datarannya sudah rendah. Artinya, permasalahan itu kondisi yang ada sekarang tidak semata-mata karena sungai. Pengolahan drainase juga penting,” jelas Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane, T.Iskandar, di Bekasi, Rabu (4/11/2015).

Sepanjang pengerjaan normalisasi, Kementerian PUPR juga meningkatkan infrastruktur lainnya untuk mengurangi potensi banjir. Salah satunya adalah menambah kapasitas tampung air di beberapa titik pintu air.

“Pintu air Manggarai sekarang sudah kita tambah jadi tiga, dan daya tampung air sudah kita tambah dari 330 meter kubik per detik jadi 507 meter kubik per detik. Pun dengan pintu air Karet yang sekarang punya empat, dan mampu menampung 734 meter kubik per detik,” papar Iskandar.

KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Permukiman padat di Bidaracina, di sepanjang bantaran Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (27/8/2015). Bidaracina merupakan kawasan yang akan digusur terkait proyek normalisasi dan sodetan Kali Ciliwung.

Iskandar menambahkan bahwa BBWS Ciliwung Cisadane juga berencana akan mengurangi debit air sungai Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT) 60 meter kubik per detik.

Sebelumnya diberitakan, normalisasi Ciliwung meliputi pelebaran sungai, perkuatan tebing sungai, pembuatan tanggul, dan jalan inspeksi. Tak hanya itu, BBWS Ciliwung Cisadane juga berencana melakukan pengerukan, namun tidak dalam waktu dekat.

“Pengerukan sungai masuk dalam normalisasi. Pertama pelebaran sungai, kedua pengerukan. Namun pengerukan harus ada pancang dulu karena sekarang masih banyak warga di sekitar lokasi. Pengerukan itu gampang tapi dampaknya besar bagi sekitar. Jadi semuanya step by step,” tandas Iskandar.

Saksikan video kehidupan warga Bidaracina di sekitar Sungai Ciliwung:

Kompas Video Mereka yang Akan Digusur di Bidaracina

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me