Harga Rumah Naik Lagi, Pasar Properti Inggris Terus Menggeliat

Big Banner

Harga rumah di Inggris naik kembali pada bulan Oktober setelah pada bulan sebelumnya harga rumah di negeri tersebut jatuh dari kenaikan tinggi dibulan Agustus. Perkembangan harga rumah tersebut berdasarkan survey yang dilakukan divisi Halifax Perbankan Group Lloyds dan dilaporkan sore ini (5/11).

Berdasarkan survey harga penjualan terhadap 15 ribu unit rumah di Inggris, Halifax laporkan kenaikan harga rumah pada bulan Oktober lalu merupakan kenaikan harga melebihi perkiraan sebelumnya,   harga rumah tersebut meningkat 1,1 persen  dari tahun lalu.

Pada bulan September harga rumah jatuh hingga  0,9 persen dari knaikan 2,7 persen di bulan Agustus, dan untuk harga rumah bulan Oktober lalu telah diperkirakan sebelumnya hanya naik 0,6 persen. Selain itu Halifax juga laporkan harga rumah dalam tiga bulan sampai Oktober adalah 9,7 persen lebih tinggi dari periode yang sama  tahun 2014.

Kenaikan harga 3 bulanan itu lebih tinggi dari kenaikan 8,6 persen yang terdata di bulan September dan ekspektasi pertumbuhan 9,5 persen oleh para ekonom. Secara berurutan, harga rumah meningkat 2,8 persen versus 2 persen kenaikan dalam tiga bulan hingga bulan September.

Jika melihat kondisi pasar perumahan sepanjang tahun ini, Halifax menilai permintaan perumahan meningkat seiring membaiknya kondisi ekonomi dan keuangan rumah tangga seiring dengan rendahnya   suku bunga KPR .

 

 

Joel/VMN/VBN/senior Analyst Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

vibiznews.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me