Pembangunan Infrastruktur Terkendala Kesiapan Pemda

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah tengah mengintensifkan pengembangan proyek infrastruktur di berbagai daerah untuk meningkatkan konektivitas kawasan dan meningkatkan perekonomian. Dalam pengembangan proyek infrastruktur, pemerintah juga telah mengembangkan 35 wilayah pengembangan strategis (WPS) sebagai basis perencanaan keterpaduan infrastruktur di Indonesia.

Ilustrasi

Ilustrasi

Tapi rencana ini kerap tidak berjalan mulus dikarenakan belum adanya kesesuaian maupun kesiapan rencana pembangunan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. “Selama ini banyak aspirasi maupun permintaan dari daerah untuk diprogramkan pembangunan infrastruktur tapi setelah diprogramkan dan anggarannya juga sudah disetujui, daerahnya belum siap terutama di daerah perbatasan,” ujar Dadang Rukmana, Sekretaris Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera), saat berbicara pada forum pengembangan investasi daerah perbatasan, di Jakarta, pekan ini.

Untuk itu pemerintah pusat, terang Dadang, terus melakukan pembinaan dan koordinasi dengan pemerintah daerah agar program pembangunan bisa berjalan lancar sesuai dengan kebijakan nasional. Pengembangan infrastruktur dari pemerintah pusat ini juga dikerjakan sesuai dengan daya dukung daerahnya sehingga bisa lebih efektif dalam pengembangan pembangunan infrastruktur di suatu daerah.

Minimal pengembangan infrastruktur khususnya di kawasan perbatasan dapat memenuhi pelayanan dasar dan peningkatan konektivitas sebagai upaya untuk meratakan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan perbatasan. Pola WPS sendiri sudah dirancang untuk pengembangan dengan konsep keterpaduan sehingga nantinya pengembangan kawasan akan terintegrasi juga dengankawasan ekonomi, industri, pariwisata, dan lainnya.

“Kalau daerah sudah lebih siap tentu program pembangunan yang sudah diprogramkan akan lebih maksimal. Saat ini yang tengah kita intensifkan adalah pembangunan empat WTS di Tamajuk-Sebatik, Kupang-Atambua, Jayapura-Merauke, dan WPS di pulau-pulau kecil terdepan,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me