Dua Sektor Properti Diproyeksi Tidak Akan Tumbuh di 2016 – Property

Big Banner

JAKARTA – Bagi Anda yang ingin berbisnis atau berinvestasi dalam bentuk properti. Anda bisa perhatikan proyeksi yang diberikan oleh Lembaga Konsultan Properti Coldwell Banker Commercial.

Direktur Konsultan Coldwell Banker, Tommy H Bastamy, mengatakan pada 2016 sektor properti dalam bentuk perkantoran dan apartemen diperkirakan menjadi sektor yang lebih lambat tumbuh. Menurutnya, kedua sektor saat ini memasuki proses pembangunan, yang diperkirakan selsai di tahun depan.

Selain karena naiknya tingkat kompetisi akibat tingginya pasokan baru yang akan selesai di tahun depan, permintaan di sektor perkantoran masih di dominasi oleh relokasi dari gedung lama ke gedung dengan harga sewa yang lebih murah.

“Permintaan baru diperkirakan akan tumbuh di 2017 yang sejalan dengan tingginya foreign direct investment yang masuk. Jadi hal sektor perkantoran diproyeksikan melambat pada 2016, dan akan tumbuh pada 2016,” paparnya Crowne Paza, Jakarta, Selasa (3/11/2015).

Sejalan dengan perkantoran, Tommy menjelaskan sektor apartemen juga tidak akan mengalami peningkatan di tahun depan karena sektor ini mengalami tekanan, tidak hanya dari perlambatan ekonomi namun dari sisi kebijakan pemerintah terkait pinjaman KPP dan kebijakan lainnya. Hal ini pun mempengaruhi investasi di sektor ini.

“Percepatan dapat dirasakan jika keran investasi dipermudah kembali oleh pemerintah serta kebijakan kepemilikan oleh orang asing segera di realisasikan. Secara umum diperkirakan pada 2017 sektor ini akan kembali bergairah terutama sejalan dengan janji-janji penyelesaian gedung apartemen oleh pengembang sehingga meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat,” ujarnya.

Tommy menambahkan perlambatan ekonomi yang terjadi saat ini mempengaruhi kinerja sektor properti secara umum yang dampaknya saat ini sudah mulai dirasakan. Namun di saat seperti ini, sarannya adalah saat yang tepat bagi pengembang untuk berbenah, menambah portfolio lahan, serta melakukan kajian-kajian untuk menggali potensi pengembangan properti yang siap dikembangkan saat terjadi percepatan perekonomian.

(mrt)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me