Pengembang Malaysia Targetkan Indonesia Beli Properti di Kuala Lumpur

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengembang asal Malaysia, Malaysian Resources Corporation Berhad (MRCB) Land, mulai melakukan ekspansi pasar ke Indonesia. Mereka menjalin kerjasama dengan empat agen properti Indonesia untuk memasarkan proyek terbarunya, KL9 Seputeh ke masyarakat Indonesia.

Empat agen properti tersebut adalah ERA Vigo, ERA Prospek, ERA Max, dan First Choice. KL9 Seputeh merupakan proyek superblok sembilan tower di pusat kota Kuala Lumpur, Malaysia. Dua tower pertama, yakni tower C dan D saat ini telah terjual habis. Penjualan tahap pertama itu dikhususkan untuk pembeli di Malaysia.

“Tahap pertama sudah dibuka untuk pasar domestik dan sekarang sedang masuk ke tahap dua untuk para investor asing. Tahap kedua ini memang ditujukan untuk pasar overseas,” kata member agen properti ERA Vigo, Riduan Goh, di Jakarta, Jumat (6/11/2015).

Salah satu pasar tersebut adalah Indonesia. MRCB Land sendiri memprediksi bahwa Indonesia akan menjadi investor terbesar di KL9 Seputeh tahap dua ini. Hal itu didasarkan dari tren banyaknya orang Indonesia yang gemar melakukan investasi properti di luar negeri.

“Saat ini orang Indonesia dengan ekonomi tidak terlalu tinggi cenderung memindahkan investasi properti luar negerinya di Malaysia. Hal itu semakin diperkuat dengan Singapura yang memiliki peningkatan terlalu tinggi pada propertinya,” tambah Riduan.

Data dari MRCB Land juga menambahkan bahwa Malaysia memiliki rata-rata harga properti paling murah di Asia dengan pertumbuhan yang baik sekalipun dalam kondisi ekonomi tak stabil. Tak hanya itu, nilai pendapatan rental yang berkisar antara empat sampai lima persen tiap tahunnya cenderung stabil.

“Di Malaysia, pemerintah memberikan 100 persen kepemilikan properti kepada investor asing. Selain itu biaya hidup di Malaysia cenderung lebih murah dibanding Jakarta. Jadi saya rasa itu beberapa keuntungan berinvestasi di Malaysia,” jelas Senior Manager Sales dan Marketing MRCB Land, Kenneth Khoo, di Jakarta, Jumat (6/11/2015).

Atas dasar itu, MRCB Land bersama ERA Vigo, ERA Prospek, ERA Max, dan First Choice menargetkan 60 persen investor asal Indonesia yang berinvestasi di KL9 Seputeh.

Untuk mewujudkan realisasi tersebut, MRCB Land akan melakukan launching sekaligus eksibisi KL9 Seputeh pada 7 dan 8 November 2015 di Hotel Grand Hyatt Jakarta.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me