Jalan Trans Papua 4.325 Kilometer Rampung 2018

Big Banner

Pembangunan infrastruktur di wilayah perbatasan menjadi fokus pemerintahan saat ini. Salah satunya adalah pembangunan jalan Trans Papua yang sedang dilakukan pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera). 

Jalan Trans Papua akan dibangun sepanjang 4.325 kilometer dan ditargetkan semuanya rampung pada 2018. Seperti diketahui, pembangunan infrastruktur transportasi menjadi kebutuhan sangat penting masyarakat Papua. Seperti diketahui akses yang sulit membuat biaya logistik di Papua menjadi membengkak. Contohnya, harga semen di sana bisa mencapai Rp 2 juta per sak. 

Dengan adanya akses jalan yang memadai, maka rakyat Papua bisa menikmati turunnya biaya logistik karena adanya efisiensi pada biaya transportasi. Untuk itu, pemerintah membangun jalan Trans Papua mulai dari Sorong hingga Merauke. 

“Kalau Trans Papua, namanya konektivitas tidak hanya menghubungkan satu tempat dengan tempat lain, tapi tujuan lainnya menurunkan harga di sana,” ujar Basuki Hadimuljono, Menteri PU-Pera, seperti informasi yang diterima Rumahku.com

Sebagai informasi, jalan Trans Papua bukanlah proyek jalan tol, melainkan jalan nasional. Anggaran pembangunannya pada 2015 senilai Rp 3,7 triliun, sementara pada 2016 pemerintah telah menyiapkan Rp 3,8 triliun. Semua dana akan berasal dari APBN dan total kebutuhan diperkirakan mencapai Rp 12 triliun hingga 2018 mendatang.

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me