Perumnas Ingin Garap Lahan Tidur Milik BUMD

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Perum Perumnas akan memperkuat sinergi terutama dengan badan usaha milik negara (BUMN). Sinergitas ini untuk mendapatkan lahan yang diperlukan untuk mempercepat program pembangunan sejuta rumah yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ilustrasi : Gedung Perumnas

Ilustrasi : Gedung Perumnas

“Kerjasama seperti ini sudah kita lakukan dengan Kereta Api Indonesia (KAI). Kerjasama juga meliputi pengembangan lebih luas, misalnya mengangkat konsep transit oriented development (TOD). Rumahnya dikembangkan dekat jalur transportasi massal seperti di sekitar stasiun, terminal, dan jalan tol,” ujar Himawan Arief Sugoto, Direktur Utama Perum Perumnas pada seminar mengenai teknologi konstruksi dikaitkan dengan perumahan rakyat, di Jakarta, Jumat (6/11).

Selain itu Perumnas juga akan melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah. Perumnas ingin memanfaatkan lahan-lahan tidur yang dimiliki BUMD dan BUMN. Lahan seperti ini cukup banyak sehingga kalau dapat dimanfaatkan dampaknya sangat bagus untuk pemenuhan hunian masyarakat.

Himawan mengatakan Perumnas juga bisa berperan sebagai pembeli siapa (off taker) dengan menyerap produk pengembang swasta. Tapi untuk menjalankan fungsi ini ada persyaratan yang harus dipenuhi.  “Tapi untuk menjadi off taker Perumnas harus diperkuat modalnya melalui penyertaan modal negara (PMN). Bisa juga dengan pinjaman lunak, public service obligation, atau lainnya,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me