Ini Dampak Proyek “Google Loon” Terhadap Properti Indonesia

Big Banner

Jakarta – Saat ini, hanya satu dari tiga orang Indonesia yang memiliki koneksi internet. Namun, hal itu akan segera berubah dlam waktu tidak lama lagi. Google baru saja mengumumkan sebuah pendekatan inovatif untuk memberikan Internet untuk jutaan penduduk asli di pedalaman.

Kepulauan Indonesia yang terdiri dari 17,500 pulau, memiliki lokasi dan kawasan tempat tinggal terpencil. Hingga saat ini, kondisi tersebut masih sulit dijangkau oleh perusahaan telekomunikasi.

Lalu, bagaimana inovasi Google yang memberikan akses internet ke seluruh pelosok negeri ini berdampak pada pasar real estate Indonesia? Seperti diketahui, tiga perusahaan telekomunikasi ternama Indonesia – Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat – bekerja erat dengan Google untuk memberikan jangkauan online kepada dua pertiga bagian Indonesia yang belum tersentuh dengan baik.

Managing Director Lamudi Indonesia, Steven Ghoos, menyambut gembira rencana proyek Google Loon. Menurutnya, di banyak pasar negara berkembang, jika Anda berusaha untuk dapat terhubung internet, dalam berbagai kasus Anda bisa mengalami kecepatan menjadi berkurang, membuat pencarian rumah secara online semakin sulit terutama bagi mereka yang berada di area terpencil.

“Penetrasi internet yang meningkat akan menjadi perangsang utama bagi sektor real estate dan seluruh perekonomian negara. Di daerah pedesaan Indonesia, khususnya pulau-pulau kecil, daerah pegunungan dan hutan, akses adalah sesuatu yang langka dan lambat,” ujar Steven Goosh.

Proyek Loon, lanjut dia, akan memberikan para pemburu rumah yang tinggal di area sulit dijangkau kesempatan untuk menggunakan internet untuk mengeksplor pasar real estate dengan mudah dan cepat.

Saat ini, kata Steven Goosh, disarankan bahwa sekitar 30 persen konsumen akan meninggalkan website yang lama kecepatannya hanya dalam waktu 10 detik. “Informasi adalah kekuatan. Memberikan akses pada daftar online memungkinkan pembeli rumah untuk membandingkan dan membedakan harga serta menghirup transparansi dalam proses pembelian,” tambah dia.

Berkaitan dengan real estate, kehadiran proyek Google Loon akan memberikan kemampuan kepada penduduk di area pedalaman atau pulau-pulau kecil di Indonesia untuk melihat berbagai properti dari tempat tinggal mereka. Selain itu, proyek ini juga akan memiliki dampak yang signifikan terhadap perekonomian.

“Pasar online adalah masa depan dan Anda tidak bisa sampai di sana tanpa koneksi internet yang kuat. Suatu saat Anda melihat ke langit dan bertanya-tanya apakah itu burung atau pesawat, itu bisa saja adalah balon Google,” tambah Steven Goosh.

Feriawan Hidayat/FER

BeritaSatu.com

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me