Ini Lima Kota Selain Jakarta yang Paling Menjanjikan Prospeknya

Big Banner

Industri properti Tanah Air sangat didominasi oleh pasar Jakarta. Padahal, terdapat kota lain yang menjanjikan.

Kota dalam kategori kota promising city atau menjanjikan, antara lain Pontianak, Banjarmasin, Kendari, Palembang, dan Cirebon. Demikian hasil riset Coldwell Banker Commercial, seperti dikutip dari Okezone.com.

Karakteristik perkembangan properti komersial di kota ini seperti diuraikan berikut ini.

1. Aktivitas korporasi tumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir terutama terkait pemanfaatan sumber daya alam dan aktivitas bisnis lainnya.

2. Perkembangan sektor properti mulai tumbuh secara signifikan kurang dari 5 tahun terakhir ini, di mana selain perumahan, pengembangan sektor ritel dan hotel mendominasi pasar properti.

3. Pertumbuhan sektor properti masih dikontribusi terutama oleh pengembang lokal dengan skala pengembangan kecil sampai menengah.

Berikut ini proyeksi pasar properti kota menjanjikan dalam jangka pendek dan menengah.

1. Pengembangan properti komersial masih akan terus didominasi oleh pengembang lokal.

2. Selain perumahan, pengembangan sektor properti masih akan didominasi oleh sektor ritel dan hotel.

3. Pengembangan sektor apartemen belum akan berkembang pesat sehubungan masih terbatasnya “market evidences” di “promising cities” .

4. Sumber permintaan terutama masih akan berasal dari masyarakat lokal di “promising cities” .

5. Pertumbuhan harga diperkirakan masih akan stagnan hampir di semua sektor properti Belum pulihnya kinerja sektor komoditas dan manufaktur yang selama ini menjadi pembangkit permintaan sektor properti akan membatasi permintaan dalam jangka pendek. (as)

ciputraentrepreneurship.com