Pengembang Rumah Murah Ingin Subsidi Kredit Konstruksi

Big Banner
Rumah murahRumah murah

Propertinet.com – Kalangan pengembang perumahan di Jawa Barat mendesak pemerintah memberikan subsidi bunga kredit konstruksi bagi pengembang yang fokus membangun hunian rumah murah.

Ketua Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Jabar Rahayu Wiramihardja mengatakan tingginya bunga kredit konstruksi saat ini di kisaran 14%-15% memicu perlambatan realisasi pembangunan rumah murah.

Dia mendorong agar pemerintah memberikan subsidi bunga kredit konstruksi untuk menjamin pasokan rumah murah lebih banyak.

“Perlambatan pembangunan rumah murah yang dialami beberapa pengembang saat ini karena modal kerja yang terbatas,” katanya.

Dia menjelaskan, harga rumah yang hanya dijual seharga mulai Rp115 juta per unit dengan bunga KPR 5% tidak seimbang dengan harga lahan dan material pendukung produksi terus mengalami kenaikan.

Dia mencontohkan penjualan rumah murah di Garut anjlok karena diduga pengembang kekurangan modal kerja.

           Baca Juga!

 

“Sebenarnya permintaan konsumen akan kebutuhan rumah murah begitu tinggi. Akan tetapi, modal kerja yang dimiliki pengembang terbatas maka biasanya pembangunan memakan waktu yang cukup lama,” ujarnya.

Rahayu menjelaskan, jika pemerintah tidak memberikan subsidi bunga kredit konstruksi pengembang harus merogoh kocek tambahan investasi.

Kendati demikian, Apersi tetap berkomitmen untuk merealisasikan target rumah murah yang mencapai 36.500 unit pada tahun ini bisa terpenuhi.

“Sampai saat ini sudah 20.000 unit rumah yang sudah dibangun oleh pengembang yang tergabung dalam Apersi di Jabar,” katanya.

Sementara itu, Ketua Apersi Korwil 2 Priangan Timur Nurul Mubin mengaku akibat proses transaksi yang terlalu lama, penjualan rumah murah di Kabupaten Garut dalam tiga sbulan terakhir anjlok karena calon pembeli lebih memilih mengurungkan niatnya.

Dia menuturkan, sekalipun kondisi ekonomi nasional belum stabil, namun minat masyarakat untuk membeli rumah murah sangat tinggi.

propertinet.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me