Gazebo Minimalis di Rumah Sudut

Big Banner

Konsultasi

Housing-Estate.com, Jakarta – Saya memiliki rumah seluas 38 m2 di kaveling sudut 148 m2. Kelebihan tanah di sisi kanan rumah ingin saya manfaatkan untuk membuat gazebo yang berdesain minimalis dan asri. Gazebo itu juga inginnya bisa multifungsi dan didesain tidak langsung terlihat dari luar, misalnya dengan pagar pembatas yang tidak terlihat kaku. Ke depan juga saya ingin meningkat rumah dengan sirkulasi udara yang baik. Saat ini rumah masih untuk pondasi satu lantai. Di lantai 2 akan dibuat 1 kamar utama dengan kamar mandi di dalam, 1 kamar anak-anak, 1 kamar mandi, 1 kamar pembantu dan kamar mandi pembantu, serta tempat untuk mencuci dan menjemur. Jika memungkinkan 1 ruang keluarga. Terima kasih atas bantuannya. Siti Nurmaya Permata Cimanggis Cluster Jamrud, Depok

Solusi Desain

Kelebihan tanah di lahan sudut umumnya memiliki keterbatasan pengembangan bangunan karena terpotong GSB (garis sempadan bangunan). Solusi paling mudah untuk memanfaatkannya memang dengan menambah bangunan semi permanen seperti gazebo.

Fasad rumah

Fasad rumah

Gazebo kami rancang dengan lantai dari beton 2 x 2 m2 dengan ketinggian 40 cm dari tanah. Atapnya juga terbuat dari plat beton tipis untuk menguatkan kesan modern. Di bawah atap diletakkan kisi-kisi dari batang kayu untuk menghadirkan kesan natural. Kami menempatkan gazebo di lahan belakang persis di samping dapur. Tujuannya untuk mendapatkan view ke arah taman lebih maksimal. Pilihan lainnya bisa dilokasikan di samping ruang keluarga, namun akan berkesan lebih sempit ruang pandangnya.

Lokasi yang berdekatan dengan dapur juga dimaksudkan agar dapat memfungsikan gazebo sebagai ruang makan terbuka. Ibu dan keluarga dapat bersantap malam ala alfresco dining yang mengasyikkan di gazebo.

Gazebo

Gazebo

Area ruang keluarga dan ruang makan jika ingin mendapatkan view ke arah gazebo, juga bisa dimaksimalkan dengan mengganti jendela kaca menjadi pintu lipat dengan kaca-kaca besar. Kesan ruang pun terasa lebih luas dan menyatu dengan ruang luar.

Agar gazebo terhalang dari pandangan langsung dari luar rumah, kami tempatkan pagar segaris dengan dinding teras rumah. Pagarnya terbuat dari deretan kolom-kolom beton yang disusun jarang. Di baliknya dapat diberi pohon seperti kamboja yang memiliki bentuk yang estetis. Di depan gazebo Ibu bisa mengolah lansekap supaya terlihat bertambah asri. Pagar luar rumah juga didesain lebih solid dengan susunan batu alam. Agar tampilannya tidak terlihat berat dan kaku, bagian atas pagar bisa diberi tanaman.

Pengembangan Lantai Dua

Untuk pengembangan rumah menjadi bertingkat diperlukan tambahan pondasi di beberapa titik. Letak kamar mandi di lantai dua sebisa mungkin dibuat menerus mengikuti letak kamar mandi di lantai satu untuk memudahkan pemipaan. Area servis yang terdiri dari kamar pembantu dan kamar mandi serta ruang setrika dan menjemur pakaian, kami kelompokkan pada satu sisi bagian di lantai dua. Penutup atap di area jemur dapat dibuat dari bahan polikarbonat transparan atau kaca.

Aksonometri

Aksonometri

Kamar tidur utama dilengkapi kamar mandi di dalam ditempatkan di bagian depan agar memiliki tambahan balkon kecil ke arah ruang luar. Sedangkan kamar tidur anak terletak di bagian belakang dipisahkan oleh kamar mandi. Sisa ruang memanjang di depan tangga bisa difungsikan untuk ruang duduk kecil tempat membaca atau ruang hobi.

Pengembangan fasad rumah dengan tambahan lantai dua didesain dengan dinding-dinding yang berkarakter solid. Permainan garis pada dinding depan yang berwarna krem, memberikan kesan yang dinamis. Sedangkan dinding samping dihadirkan dengan lapisan batu alam susun sirih untuk menyelaraskan dengan tampilan pagar depan. Atap didesain dengan bentuk pelana sederhana.

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me