Orang Miskin Butuh Rumah yang Layak, Bukan Indah – Property

Big Banner

GOWA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meminta pengembang khusus rumah murah untuk tidak main-main dengan peningkatan kualitas. Pasalnya, dengan adanya peningkatan kualitas di rumah murah, membuat Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) semakin sulit memiliki rumah.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan, Syarif Burhanuddin, mengatakan masyarakat berpenghasilan rendah membutuhkan rumah layak, bukan rumah indah. Untuk itu tidak dibutuhkan adanya tambahan peningkatan kualitas yang justru memberatkan masyarakat nantinya.

“Semakin miskin jangan lah dimiskinkan. Orang butuh rumah, bukan indahnya. Layak itu minimal, misalnya tipenya 36 sudah bisa satu keluarga, sangkarnya butuh luas 72 m persegi. Kedua, dia sudah dilengkapkan fasilitas layak, kondisi air listrik,” jelas Syarif di Gowa, Makasar, Jumat (6/11/2015).

Sebagai pengembang, Mulia Utama Prima (MUP) saat ini telah membangun 142 unit, tipe 36 dengan luas tanah 6×12 meter2, dengan harga Rp116 juta, dengan tambahan peningkatan kualitas Rp20 juta. Adapun peningkatan kualitas yang diberikan ialah biaya notaris, perbankan, plafon rumah, dan lantai rumah.

Syarif menambahkan, dengan diberikan bantuan pemerintah, mestinya harga rumah murah bisa lebih murah, bukan malah menjadi mahal. Artinya, jika diberikan bantuan pemerintah, MBR benar-benar dapat manfaat dengan dibangunnya rumah murah.

“Sudah tidak perlu peningkatan kualitas. Nanti saja. Rp20 juta kan dia dalam perjalanan hidup dia bisa cari uang dan bisa capai nantinya Yang penting Ibu (owner MUP) tidak rugi, dan pengembang juga bisa terus berkembang,” ujarnya.

Meski melarang peningkatan kualitas, Syarif minta rumah murah yang dijual tidak menurunkan standar kualitas rumah murah. Menurutnya, dengan harga Rp116 juta per unit, rumah tersebut sudah memiliki standar kualitas yang baik.

“Kalau tidak tercapai, dia kurangi kualitasnya, sama saja dengan main-main. Orang miskin tidak tahu banyak untuk kualitas. Jangan dipermaikan,” kata Syarif.

(mrt)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me