Ini Jembatan Kapuas Tayan 1.420 Meter di Kalimantan Barat

Big Banner

Saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) sedang membangun Jembatan Kapuas Tayan yang terletak di Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Jembatan tersebut akan menghubungkan kota Tayan dengan Piasak dan ditargetkan rampung pada akhir tahun ini. 

“Kementerian PUPR sedang melakukan pembangunan Jembatan Jembatan Kapuas Tayan Propinsi Kaliman Barat sepanjang 1.420 m,” tulis akun Facebook milik Kementerian PUPR, seperti informasi yang diterima Rumahku.com

Jembatan Kapuas Tayan akan melintasi Sungai Kapuas melalui Pulau Tayan yang letaknya 112 kilometer dari Pontianak. Sementara pada saat ini, masyarakat di sana masih mengandalkan kapal ferry untuk lalu lintas penyeberangan dari satu tempat ke tempat lainnya. Sehingga keberadaan jembatan tersebut akan meningkatkan akses transportasi darat semakin lancar. 

Sebagai informasi, sejak 2012 pemerintah menghabiskan dana sekitar Rp 907 miliar untuk biaya pembebasan lahan dan membangun Jembatan Kapuas Tayan. Dana tersebut berasal dari 90 persen pinjaman dari China dan 10 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Pemerintah menyerahkan proses konstruksi jembatan kepada PT Wijaya Karya yang bekerja sama dengan China Road and Bridge Corportion.

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me