Rumah Instan Rp 1,2 Juta KemenPuPera Ini Bisa Selesai 1×24 Jam

Big Banner

Kini bukan hanya produk makanan layaknya mie saja yang bisa disajikan secara instan, rumah pun ada yang instan. Produk dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman (Balitbang PU Pera) ini salah satunya.

Rumah ini diklaim proses penggarapannya lebih cepat 10 kali dari  penggarapan rumah biasa. 

“Lebih cepat, untuk satu modul penggarapannya hanya sekitar 24 jam, tenaga kerja yang dibutuhkan untuk merakit teknologi ini cukup tiga orang saja, jadi sangat efisien,” kata Pandji Dermawan, sub Pameran dan Kerja Sama Balitbang PU Pera kepada Rumahku.com. 

Diberi nama Risha, akronim dari ‘Rumah Instan Sederhana Sehat’. Risha merupakan penemuan teknologi konstruksi knock down yang dapat dibangun dengan waktu cepat (oleh sebab itu disebut sebagai teknologi instan) dengan menggunakan bahan beton bertulang pada struktur utamanya.

Pemahaman sederhananya, Risha menggunakan beton bertulang yang dirancang secara khusus di industri komponen, berbentuk persegi panjang yang kemudian dirakit dengan beton bertulang berbentuk siku. Kelemahannya, karena komponennya mengacu pada ukuran modular, maka ukuran denah sangat kaku, mengacu pada kelipatan 3 meter dan 1,5 meter. 

“Konsep dasarnya seperti mainan bongkar pasang anak-anak, Lego. Produk ini telah digunakan secara massal untuk pembangunan kembali pemukiman pascabencana tsunami, yaitu di Aceh dan Nias. Kalau untuk Jakarta, produk Risha dipakai untuk membangun kampung deret Petogogan,” kata Pandji  Dermawan.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me