Perhatikan hal berikut jika ingin menjadi investor properti sukses

Big Banner

Menjalankan bisnis khususnya sebagai seorang investor properti yang sukses, sama seperti halnya menjadi seorang atlet profesonial dalam sebuah olahraga. Sudah tentu dibutuhkan sebuah teknik serta strategi untuk memenangi pertandingan.

Pengetahuan tentang real estate dan latihan dengan disiplin tinggi sangat dibutuhkan untuk menjadi investor properti yang handal. Hal ini tentunya dibutuhkan seorang pembimbing/mentor yang memahami kemampuan Anda, guna mencapa tujuan-tujuan investasi Anda tersebut.

Untuk menjadi seorang investor properti juga dibutuhkan ketelitian dalam memilih properti dan pengetahuan tinggi dalam memilih properti yang akan dibeli dan bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Ketelitian itu memang sangat dibutuhkan agar Anda bisa memilih, membeli proeprti yang tepat, di mana properti tersebut dapat memberikan keuntungan bagi Anda. Penilaian Anda terhadap properti juga harus diasah terus menerus sembari Anda melakukan investasi, selalu belajar dan terus belajar.

Belajar yang dimaksud bisa secara langsung dari pengalaman para investor sukses yang sudah Anda kenal, Anda juga bisa belajar dari para pengamat bisnis properti. Tetapi yang paling penting seperti pepatah yang terkenal adalah learning by doing.

Berikut ini beberapa saran-saran penting untuk menjadi investor properti yang sukses:

Kuasailah area tertentu untuk melakukan investasi properti

Penguasaan wilayah kerja menjadi target investasi Anda sangat penting. Berinvestasi di area yang tidak pernah Anda pelajari hanyalah menjadi pilihan konyol dalam berinvestasi properti.

Tetapkanlah tujuan investasi Anda

Baik tujuan dari sisi waktu dan target penghasilannya. Apakah Anda akan berinvestasi pada obyek yang memberikan pengembalian yang cepat atau pengembalian yang besar. Masing-masing tujuan ini membutuhkan teknik investasi yang berbeda.

Pastikan menghasilkan uang saat dibeli

Ini berkaitan dengan keterampilan dalam menilai properti. Seorang investor harus tahu bahwa harga suatu properti menguntungkan atau kemahalan. Keahlian in timbbul berkat penguasaan investor terhadap area tertentu, seperti yang dipaparkan pada point pertama. Misalnya harga properti yang ditawarkan kepada Anda senilai Rp 2 M, jika Anda bisa membeli dengan harga Rp 1.7 M, Anda sudah berhasil mencoba mengambil untung, untuk kemudian bisa Anda jual sebesar Rp 1.9 M, dengan harga pasaran sebesar Rp 2 M, lalu Anda menjual cepat dengan harga 1.9, dari harga yang Anda beli sebesar rp 1.7 M, Anda sudah menghasilkan uang sebesar Rp 200 juta.

Jangan tergesa-gesa menjual properti

Jika Anda sudah menjadi investor, Anda pun bisa menahan kapan waktu yang tepat untuk menjual properti tersebut. Jangan terlalu terburu-buru, berdasarkan riset, untuk harga ruko di daerah Tebet, Jakarta Selatan, pada 2003, harga ruko tersebut adalah sebesar Rp 800 juta. 10 tahun kemudian, tepatnya pada 2013 harga ruko tersebut menjadi kurang lebh Rp 4.5 M, bisa dibayangkan harga ruko tersebut 7 atau bahkan 10 tahun kemudian.

Mengerti aturan main dalam investasi di properti

Ada tiga aturan main yang penting bagi investor properti:

Aturan main umum : aturan yang ditetapkan oleh pemerintah, pemerintah daerah, bank, developer, agen real estate, di mana Anda tidak mempunyai kendali atas aturan-aturan umum tersebut.
Aturan main pribadi : aturan yang Anda pakai akan ditentukan oleh visi, misi, tujuan, kondisi dan keadaan Anda. Aturan ini akan merefleksikan modus, etika, moral harapan dan keinginan Anda. Aturan ini sangat fleksibel dan paling gampang untuk diubah. Pastikan Anda berkonsultasi kepada mentor yang tepat untuk membuat aturan-aturan yang ini.
Aturan main spesifik : aturan main yang dipergunakan sangat bergantung pada lokasi, tipe properti dan pertumbuhan nilai properti. Setiap pasar/area/tipe mempunyai aturan yang berbeda-beda. Selain itu, tingkat ekonomi atau pendapatan penduduk area tersebut berperan penting dalam penjualan real estate di suatu wilayah. Maka diperlukan strategi yang tepat dalam menentukan aturan main yang spesifik untuk masing-masing obyek.

Bangunlah jaringan dengan partner atau tim yang kuat

Anggota tim ini biasanya terdiri dari orang-orang yang akan membantu Anda alan menjadi investor properti terkemuka, anggota ini biasanya terdiri dari:

Notaris dan/atau pengacara : Ini Anda butuhkan untuk hal-hal yang bersifat legal dan membutuhkan proses hukum
Perbankan : Dapat membantu Anda dalam melakukan pembiayaan atau informasi obyek penilaian harga properti
Pegawai pemerintah daerah, terutama yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan dan tata ruang wilayah
Agen real estate profesional, mereka akan memberikan kepada Anda saran-saran gratis dalam hal pasar properti, info obyek properti, analisa prospek suatu wilayah dan pertumbuhan investasi properti

Setelah Anda memiliki jaringan dengan tim sukses seperti di atas

Anda juga membutuhkan pelatih bisnis sebgai mentor Anda. Mentor dibutuhkan sebagai pihak ketiga yang tidak terikat secara emosional, seorang pelatih bisnis dapat memberikan strategi yang tidak emosional dan melihat dari sudut pandang yang lebih luas.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me