Darmin Nasution: Infrastruktur Berjalan, Indonesia Jadi Raksasa Ekonomi Dunia

Big Banner

Memiliki potensi yang tak terhingga jika dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lain, Indonesia diprediksi akan menjadi raksasa ekonomi dunia jika rencana pembangunan infrastruktur terlaksana dengan baik. Hal tersebut disampaikan oleh Darmin Nasution, Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia. 

“Saat ini, kami masih menghadapi beberapa tantangan, antara lain terbatasnya infrastruktur serta persentase biaya yang masih tinggi, khususnya terkait logistik dan pengangkutan barang atau jasa,” ucapnya. 

Infrastruktur yang kurang ideal memang masih menjadi masalah pelik bagi transportasi nasional. Setidaknya, waktu tempuh rata-rata di koridor utama Indonesia mencapai 2,6 jam per 100 km.  

Jika dibandingkan dengan Thailand dan Malaysia, waktu tempuh Indonesia dua kali lebih lama. Tidak hanya itu, rasio distribusi listrik nasional juga cuma 84,1 persen, jauh tertinggal dari negara-negara tetangga seperti Thailand, Filipina, dan Vietnam dengan rasio 100 persen. 

Darmin menekankan, untuk mewujudkan target pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar tujuh persen, Indonesia perlu memobilitasi sumber pendanaan alternatif untuk proyek-proyek infrastrukturnya. Hal ini merupakan sesuatu yang dapat dicapai melalui kemitraan antara pemerintah dan swasta, termasuk kekurangan dana, kesiapan pembayaran dan pinjaman langsung, serta skema berbasis pencapaian tahunan. 

Investor asal Tiongkok, sebagai peserta utama di IIW (Indonesia Infrastucture Week) 15 sudah mengutarakan keinginannya untuk berkolaborasi dengan pelaku bisnis Indonesia. Hal ini terlihat dari komitmen mereka yang menyewa lokasi seluas 2.000 m2 ruangan pameran di IIW.  

“Kami melihat ketertarikan lebih jauh dari investor yang akan terus bertambah tahun depan. Kami akan melanjutkan kerjasama dengan pemerintah dalam menyediakan platform strategis dimana investor dan pelaku bisnis dapat bertemu dan menentukan proyek mana yang dapat dijalankan bersama,” tegas CEO of Infrastructure Asia Alan Solow selaku penyelenggara IIW’15 kepada Rumahku.com pekan lalu.  

Jika perbaikan infrastruktur berjalan dengan mulus, Darmin melanjutkan, setidaknya hingga tahun 2030, Indonesia akan mampu bertengger di posisi ke tujuh sebagai raksasa ekonomi dunia dengan PDB (Produk Domesti Bruto) mencapai USD 4,5 triliun (sekitar Rp 61,031 triliun).

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me