Skema KPR Bagi Pekerja Informal

Big Banner

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PeRa) sedang mengkaji skema kredit pemilikan rumah (KPR) untuk pekerja di sektor informal.  

Pekerja informal sendiri merupakan orang yang bekerja tidak secara formal kepada perusahaan atau pengusaha pemberi kerja. Biasanya pekerja informal menerima pendapatan karena hasil kerjanya, seperti pedagang kaki lima, petani, nelayan, dan sebagainya. 

Menurut Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, Maurin Sitorus, sebenarnya skema KPR untuk pekerja informal sudah mulai diterapkan di Palembang. Namun pihaknya harus terus mengembangkan skema KPR informal agar tidak mengalami kegagalan. 

“Sudah ada praktek skema KPR untuk pekerja informal di Palembang, akan tetapi dalam pelaksanaannya dijamin oleh pemerintah kota untuk mengurangi risiko yang akan dihadapi oleh perbankan,” ujar Maurin, seperti informasi yang diterima Rumahku.com

Kegagalan pada KPR informal bisa terjadi karena sulitnya memprediksi pendapatan pekerja yang tidak menentu. Untuk itu, pemerintah akan mendorong pekerja informal untuk mulai rajin menabung sebelum mengajukan KPR, serta akan menyiapkan skema terbaik bagi KPR informal.

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me