40 Persen Penduduk Indonesia Tidak Mampu Beli Rumah

Big Banner

Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut jumlah masyarakat Indonesia yang tidak mampu membeli rumah mencapai 40% dari jumlah penduduk.
 
Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, Maurin Sitorus, mengatakan pemerintah akan membangun rumah khusus untuk golongan masyarakat ini.
 
“Di negara kita ini ada 25.000 orang homeless (tunawisma), kami tolong mereka melalui rumah khusus atau bantuan stimulan rumah swadaya,” jelasnya dalam acara sosialisasi bantuan uang muka dan skema selisih angsuran di Jakarta, Senin (9/11).
 
Maurin menyebut, selain 40% penduduk yang tidak mampu membeli rumah, ada juga 40% dari penduduk Indonesia memiliki kemampuan membeli rumah. Tapi kemampuan golongan itu menurut Maurin terbatas sehingga negara perlu membantu.
 
Dia mengimbuhkan keterbatasan itu mencakup keterbatasan dalam membayar uang muka dan keterbatasan kemampuan mencicil angsuran. “Oleh karena itu kami bantu uang muka Rp4 juta dan besaran uang muka hanya 1%, ujarnya seperti dilansir Bisnis.com.
 
Hingga 2019 mendatang, Maurin mengatakan, pemerintah menargetkan pembangunan 900.000 unit rumah melalui skema fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP).
 
Selain itu, pemerintah juga menargetkan pembangunan 550.000 satuan rusun dan 450.000 unit rumah swadaya. Pemerintah juga akan menyalurkan bantuan stimulan pembangunan rumah swadaya untuk 250.000 unit dan 1,5 juta untuk bantuan stimulan peningkatna kualitas. (as)

ciputraentrepreneurship.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me