Ekonomi Tak Pasti, BSD Hati-hati Lakukan Ekspansi – Property

Big Banner

JAKARTAPT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) akan mengutamakan azas kehati-hatian dalam melakukan ekspansi tahun depan. Pasalnya perbaikan ekonomi di tahun depan masih belum menjanjikan kepastian bagi perkembangan industri properti.

Direktur Utama BSDE Ridwan Darmali mengatakan, langkah pemerintah yang ingin memperbaiki perekonomian ke depan dengan mengeluarkan berbagai kebijakan disambut baik. Namun hal tersebut masih belum memberikan kepastian.

“Outlook ke depan kami cukup optimis sebenarnya, tapi juga berhati-hati. Karena untuk mengembangkan proyek-proyek ini harus disesuaikan dengan perkembangan market properti, kami harus melihat daya serapnya,” tuturnya di Gedung BEI Jakarta, Selasa (10/11/2015).

Direktur BSDE Hermawan Wijaya juga menambahkan, saat ini siklus dari industri properti memang sedang dalam posisi di bawah. Tren penurunan tersebut sudah terasa sejak tahun lalu.

“Akhir 2013 sudah mulai terasa turun, sejak sebelumnya meningkat terus. Kemudian masuk pemilu akhirnya pertumbuhannya agak stagnan sampai sekarang. Jadi posisi sekarang cukup berat,” ucapnya.

Kendati begitu, menurut Hermawan bisnis properti sangat tergantung dengan tiga faktor, yakni jumlah populasi, pertumbuhan ekonomi dan stabilitas iklim politik. Namun faktor kondisi perekonomian global juga cukup berpengaruh, khususnya ancaman kenaikan suku bunga The Fed.

“Kita populasinya sudah besar, ekonomi mulai membaik dan politik relatif stabil, pemerintah sudah disuport mayoritas parlemen. Unsur-unsur itu sudah ada masalahnya dari eksternal yang masih belum jelas,” pungkasnya.

(rzk)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me