Lima Aturan Feng Shui untuk Kamar Mandi Ideal – Property

Big Banner

MERANCANG tata letak ruang rumah memang gampang-gampang susah. Salah-salah, tata letak ruang rumah bisa mengacaukan feng shui yang membuat penghuninya tertimpa bermacam apes. Salah satu yang patut diperhatikan dalam merancang tata letak ruang adalah penempatan kamar mandi.

Dalam feng shui, ada unsur ‘yin’ dan ‘yang’, melambangkan energi positif dan negatif. Kamar mandi sendiri berada pada unsur negatif sehingga tidak boleh bersinggungan langsung dengan ruangan-ruangan lain yang memiliki unsur positif.

Dahulu kala, hal itu mudah dilakukan karena biasanya kamar mandi dan toilet terletak terpisah dari bangunan utama. Kini, seiring kian tingginya harga tanah dan bangunan, lahan untuk rumah mulai mengecil dan letak kamar mandi bergeser ke dalam bangunan utama.

Ahli feng shui Mauro Rahardjo memberikan tips-tips singkat dalam memilih posisi kamar mandi di rumah. Berikut di antaranya:

1. Kamar mandi tidak boleh berhadap-hadapan dengan dapur

Dapur memiliki unsur api dan melambangkan mata pencaharian seseorang. Meletakkan kamar mandi, yang memiliki unsur air, di depan dapur dianggap tidak baik karena unsur air akan mematikan api. Akibatnya, pendapatan penghuni akan terganggu. Selain itu, mulut api kompor tidak boleh ada di depan wastafel.

2. Jangan menempatkan kamar mandi/toilet di dekat tempat tidur

Sebagai ruangan dengan unsur negatif, kamar mandi sebaiknya tidak diletakkan di dekat tempat tidur. Terutama bagian kepala ranjang tidak boleh menempel atau bersebelahan dengan dinding kamar mandi. Hal ini diyakini akan mengganggu kesehatan sang penghuni.

(rtw)

1 / 2

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me