Rumah Instan Jadi Solusi Backlog Perumahan? – Property

Big Banner

JAKARTA – Direktur PT Indocement Tunggal Perkasa Tbk, Daniel Kundjono Adam, mengakui bahwa Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) merupakan solusi yang baik bagi kebutuhan rumah masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang kurang mampu. Tak hanya bisa didirikan dengan cepat, standar kualitas RISHA juga terjaga. Menurutnya, RISHA bisa membantu pemerintah dalam mengatasi backlog (kesenjangan jumlah rumah tersedia dengan jumlah keluarga yang membutuhkan) perumahan, yang mencapai 15 juta rumah.

RISHA adalah rumah knock down hasil penelitian Pusat Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) bekerja sama dengan Indocement. Rumah ini terbuat dari panel-panel beton yang terbagi dalam tiga kategori sesuai fungsinya yakni panel struktur, panel dinding, serta panel kusen.

“Kita ingin membuat rumah dengan standar kualitas yang baik. Kami memimpikan rumah dengan standar yang baik untuk rakyat, dan ini rumah instan, kita bisa membantu dengan cepat sekali. Kalau konvensional, standar (kualitas) akan susah (dijaga), kedua, waktu akan lama. Ketiga, biaya jauh lebih mahal,” ujar Daniel.

“Kegiatan di Tanjung Anom dan sejenisnya lebih kepada meningkatkan gerakan membuat rumah yang layak untuk rakyat. Gerakan ini kita harapkan bisa bergulir dan membantu pemerintah mengatasi backlog perumahan,” ia menegaskan.

Warga penerima RISHA adalah mereka yang huniannya dinilai tidak layak huni oleh Habitat for Humanity.

Direktur nasional Habitat for Humanity, James Tumbuan, menjelaskan bahwa bukan hanya desa Tanjung Anom saja yang membutuhkan bantuan. Di kecamatan yang sama, Mauk, sedikitnya ada 500 kepala keluarga yang membutuhkan bantuan rumah layak huni.

“Ada empat desa lain yang membutuhkan bantuan yaitu Kedung Dalam, Marga Mulya, Gunung Sari, dan Sasak,” kata James.

Sejak pertama kali dikembangkan hingga sekarang, RISHA kini sudah berdiri di lebih dari 60 kawasan di seluruh Indonesia.

(rtw)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me