Selama 2015 SMF ‘Suntik’ BTN Rp2,7 Triliun untuk Program Sejuta Rumah

Big Banner

JAKARTA, jktproperty.com – PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) kembali menyalurkan pinjaman atau refinancing kepada Bank BTN sebesar Rp700 miliar. Kerja sama SMF dan Bank BTN ini untuk mendukung pembiayaan perumahan khususnya rumah rakyat dalam program sejuta rumah.

Dengan penyaluran itu, kata Dirut PT SMF Raharjo Adisusanto, SMF sudah menyalurkan Rp2,7 triliun kepada Bank BTN selama tahun ini. “Total hingga September 2015 SMF sudah menyalurkan kepada Bank BTN termasuk BTN Syariah sebesar Rp9,03 triliun dengan outstanding sebesar Rp4,5 triliun,” katanya di Jakarta, Senin (9/11).

Dia mengatakan program pembangunan sejuta rumah membutuhkan dana sangat besar. Ini menjadi tantangan bagi perbankan karena ada mismatch, sumber dananya jangka pendek disalurkan untuk jangka panjang.

Sementara dukungan dana dari pemerintah tidak mencukupi karena keterbatasan anggaran. Untuk menjembatani hal ini SMF melakukan sekuritisasi aset KPR ke pasar modal dan refinancing aset KPR sehingga perbankan memiliki alternatif sumber dana lebih jangka panjang.

“SMF berperan dalam menjawab kebutuhan ini karena SMF memberikan pinjaman jangka panjang dengan bunga tetap. Kebutuhan dana untuk program sejuta rumah sebesar Rp150 triliun per tahun, di sinilah peran SMF untuk menjadi alternatif sumber pendanaan KPR perbankan,” katanya.

Menurut Direktur Bank BTN Imam Nugroho Soeko, tambahan dana Rp700 miliar dari SMF akan dijadikan dana pendamping dan penguatan khususnya untuk pembiayaan sejuta rumah. “Hingga September 2015 pertumbuhan kredit kami meningkat 19,06% dengan laba bersih naik 61,8%. Ini membuat kami percaya diri untuk terus berekspansi bisnis pembiayaan KPR salah satunya dengan meningkatkan kerja sama dengan SMF,” katanya. (PIT)

jktproperty.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me