Euro Melemah, Pasar Properti Berlin Bergairah

Big Banner

Melemahnya nilai tukar mata uang euro terhadap dolar Amerika Serikat, membawa dampak positif bagi pasar properti Berlin. Potensi pasar yang menarik ini menjadi sasaran perusahaan investor asal Timur Tengah.

 

Para investor ini berusaha mengambil keuntungan dari kondisi ekonomi Eropa yang terdampak melorotnya nilai tukar euro. Belum lagi pertumbuhan penduduk di Berlin terbilang cukup signifikan.

 

“Melihat perkembangan situasi ekonomi di Berlin, jelas terlihat bahwa kota ini sangat menarik bagi para investor real estate,” kata Direktur IP Global di Abu Dhabi, Richard Bradstock, seperti dikutip dari Zawya.com.

 

Euro merosot sekitar 12 persen dari dolar AS dalam kurun waktu satu tahun belakangan. Sementara itu, mata uang negara-negara Timur Tengah justru mampu bertahan di tengah gempuran dolar AS di dunia yang cenderung menguat.

 

Kondisi demikian jelas membuat investasi di benua Biru, terutama Berlin, menjadi sangat murah. Bahkan menurut berita yang dituliskanReuters, terlepas, dari kondisi ekonomi zona euro, permintaan di pasar properti Berlin memang diprediksi akan terus meningkat.

 

Masih dari berita yang sama, Berlin diklaim masih membutuhkan lebih dari 19 ribu unit apartemen hingga 2020 mendatang. Dari angka tersebut, ketersediaan yang berhasil dipenuhi sepanjang 2014, hanya sekitar Sembilan ribu unit.

 

Ketimpangan antara permintaan dan ketersediaan itu menyebabkan harga pun melonjak drastis. Sepanjang 2014, harga hunian di Berlin naik sebesar 11,7 persen. Di daerah favorit, seperti Mitte, lonjakan bahkan mencapai 24,2 persen.

 

Peningkatan penduduk tak hanya penambahan dari segi kelahiran semata. Berlin masih sangat menarik minat penduduk dari berbagai kota, pun beberapa negara Eropa lainnya sebagai tempat tinggal dan mencari penghidupan.

 

Bagaimana tidak? Sebut saja pembangunan Bandara Brandenburg. Proyek senilan 5,3 miliar euro ini membutuhkan karyawan yang cukup besar pula. Salah satu bukti masih banyaknya lowongan pekerjaan di Berlin.

 

Selain itu, reputasi Berlin yang cukup unggul soal gaya hidup juga menjadi pesona tersendiri. Berlin digadang-gadang sebagai pusat fesyen, seni, dan budaya untuk kawasan Eropa.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me