Harga Hunian di Sydney Masih Akan Menanjak

Big Banner

Tertarik berinvestasi properti hunian di mancanegara? Australia, terutama Sydney dan Melbourne, bisa jadi pilihannya.

Pertumbuhan harga di dua kota tersebut, menurut hasil survei yang diumumkan Australian Property Institute (API), masih akan terus menjanjikan. Setidaknya hingga satu tahun ke depan, hunian di dua kota ternama Negeri Kangguru itu masih akan memberi keuntungan bagi para investor.

Sayangnya, ada juga kabar buruk yang mengikuti berita baik tersebut. Beberapa responden memperkirakan kenaikan harga yang terjadi terbilang tidak wajar, dan cenderung masuk dalam kategori bubble.

Pasar properti di Sydney diperkirakan akan terus melonjak hingga kenaikannya menyentu angka 15,6 persen. Sementara Melbourne akan mencapai peningkatan harga di kisaran 12,8 persen.

Beberapa faktor internal dan eksternal, disinyalir menjadi penyebab fenomena tersebut. Adalah suku bunga kredit yang berada di kisaran 3,5 persen disebut-sebut menjadi faktor utamanya.

Bank sentral Australia diketahui mematok suku bunga acuannya di angka 2 persen.

 Di sisi lain, ekonom SGS Economics and Planning, Terry Rawnsley justru melihat sebaliknya. Menggeliatnya pasar properti Sydney dan Melbourne menjadi pemicu bank mempertahankan suku bunganya.

“Suku bunga takkan mungkin bisa diturunkan jika harga properti di Sydney masih begitu kuat,” kata Rawnsley seperti dituliskanRealestate.com.au. “Jika pasar hunian di Sydney sedikit saja menurun, bank akan lebih leluasa menurunkan bunganya.”

Faktor lainnya adalah ketertarikan investor asing pada hunian Sydney. Para responden bahkan meyakini ketertarikan investor asing akan tetap tinggi hingga dua tahun ke depan.

Respon positif muncul dari Asosiasi Industri Hunian (HIA). Australia. Menurut mereka, pasar properti, terutama hunian, akan sangat menggiurkan setidaknya untuk satu tahun ke depan.

“Tak hanya penjualan, sektor pembangunan melalui renovasi hunian juga akan turut meningkat,” ujar Harley Dale, Ketua HIA.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me