Rusunawa Pekerja Memiliki Fasilitas Lengkap

Big Banner
Hunian vertikal Aeropolis yang dikembangkan Intiland

Hunian vertikal Aeropolis yang dikembangkan Intiland

PROPERTIKementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan terus mempercepat pembangunan Rusunawa Pekerja yang dicanangkan Presiden Joko Widodo di Ungaran, Semarang beberapa waktu lalu. Kementerian PUPR juga akan melengkapi fasilitas di hunian vertikal yang nantinya akan dihuni oleh para pekerja atau buruh pabrik yang ada di sekitar lokasi pembangunan.

“Rusunawa Pekerja ini akan memiliki fasilitas lengkap. Diperkirakan pembangunannya bisa selesai pada akhir Desember 2015,” ujar Kepala Satuan Kerja Penyedian Rumah Susun Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Ir. Erizal MT dalam siaran pers yang diterima propertynbank.com, Selasa (10/11).

Rusunawa pekerja itu dibangun sebanyak dua tower yakni terdiri dari tipe 24 untuk pekerja lajang dan tipe 36 untuk pekerja yang sudah berkeluarga. Untuk tipe 24 dibangun seperti tipe studio dengan satu kamar dan kamar mandi dalam. Sedangkan tipe 36 memiliki dua kamar tidur, kamar mandi, ruang dapur dan ruang jemur pakaian meskipun tidak terlalu luas.

“Lokasinya yang cukup strategis karena hanya berjarak sekitar 300 meter dari kawasan industri yang sudah berkembang di daerah tersebut.  Dan Kementerian PUPR melalui Satker Penyediaan Rusun Ditjen Penyediaan Perumahan akan melengkapi seluruh unit hunian Rusunawa tersebut dengan meubelair atau furnitur seperti tempat tidur, lemari  pakaian, meja dan kursi. Kamar mandi di dalam kamar serta ruang dapur sehingga mempermudah para pekerja untuk tinggal di Rusunawa tersebut,” terangnya.

Berikut beberapa fasilitas yang ada di Rusunawa Pekerja tersebut. Untuk Rusunawa tipe 24 bagi pekerja lajang pada lantai dasar terdapat ruang pengelola, 14 kamar tidur, dua kamar difabel, 16 kamar mandi, 3 gudang, 2 janitor dan 4 ruang jemur. Lantai 2 sampai 4 terdapat 66 kamar tidur dan kamar mandi, 6 janitor dan 12 tempat jemur pakaian. Sedangkan di lantai 5 ada 22 kamar tidur dan kamar mandi, 4 tempat jemur pakaian dan 2 janitor. Fasilitas umum lainnya adalah ruang serbaguna, warnet dan 2 toilet umum.

Adapun fasilitas yang ada di Rusunawa tipe 36 untuk pekerja yang berkeluarga di lantai dasarnya terdapat Kantor RT/ RW, Ruang pengelola, 2 kamar tidur dan kamar mandi, 2 janitor, ruang duka dan ruang panel. Sedangkan lantai 2 hingga 5 terdapat 64 kamar tidur. Fasilitas umum lain  yang ada adalah Ruang Serba Guna, 2 minimarket, 2 kios, mushola, taman dan toilet.

Lingkungan di sekitar Rusunawa Pekerja di Kabupaten Semarang itu pun sudah ramai. Adanya fasilitas masjid dan sekolah baik sekolah negeri maupun swasta yang sudah berdiri terlebih dahulu serta akses ke jalan raya Semarang – Ungaran yang tidak terlalu jauh semakin mempermudah akses para pekerja.

propertynbank.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me