50 Rumah Instan Akan Dibangun di Tangerang

Big Banner

Pemerintah berencana membangun 50 rumah instan di Desa Tanjung Anom, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang pada tahun 2016 mendatang. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuldjono mengatakan, pembangunan rumah khusus tersebut akan menambah sebanyak 11 rumah dari rumah yang telah dibangun oleh swasta pada tahun ini. 

“Selain membangun rumah, kita juga menata kawasannya, air dan sanitasi harus tersedia,” ujar Basuki seperti informasi yang diterima Rumahku.com

Dipilihnya Desa Tanjung Anom sendiri dikarenakan desa ini masuk ke dalam salah satu proyek percontohan pembangunan rumah instan yang menggunakan teknologi pracetak. Adapun teknologi tersebut diberi nama “Rumah Instan, Sehat, dan Sederhana” yang disingkat menjadi “Risha”. 

BACA JUGA : 4 TEROBOSAN RUMAH KARYA KEMENPUPERA

Pusat Penelitian dan Pengembangan dari Kementerian PU-Pera bekerjasama dengan PT Indocement Tunggal Prakarsa menciptakan teknologi Risha ini. 

Teknologi ini dapat membangun rumah instan secara kilat dengan estimasi waktu empat hingga tujuh hari. Komponen utamanya terdiri dari panel struktur utama, panel dinding, dan kusen beton. Seluruh komponen tersebut dibuat secara massal di pabrik yang telah ditunjuk. Sehingga menghasilkan material dengan kualitas yang sama untuk setiap rumah.

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me