Dukung Program Sejuta Rumah, BTN Rangkul Muhammadiyah

Big Banner

JAKARTA, jktproperty.com – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menjalin kerjasama dengan Muhammadiyah untuk mendukung program sejuta rumah. Dalam kerja sama itu Bank BTN memberikan dukungan pembiayaan berbasis syariah (iB) kepada Muhammadiyah dalam pemilikan rumah bagi para anggotanya.

”Kami harus melakukan banyak terobosan untuk memenuhi program sejuta rumah. Kerjasama dengan Muhammadiyah adalah salah satu terobosan bagaimana agar anggota Muhammadiyah di seluruh Indonesia dapat kami berikan fasilitas pembiayaan untuk pembelian rumah,” ujar Direktur Utama BTN Maryono.

Dia mengatakan hal itu usai menandatangani kesepakatan kerjasama (MoU) Program Sejuta Rumah Untuk Umat Serta Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan. Penandatanganan dilakukan di Aula Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Menteng Jakarta Pusat.

 

Menurut Maryono, selain kerja sama pembiayaan rumah, potensi yang bisa digarap BTN terhadap anggota Muhammadiyah sangat besar. Apalagi, uang beredar di ormas Muhammadiyah bisa mencapai Rp20 triliun-Rp30 triliun. Menurut Maryono, dengan jumlah anggota mencapai 20 juta orang dan ada ribuan usaha yang dijalankan mereka, potensi untuk bekerja sama dalam bidang layanan perbankan lainnya sangat terbuka seperti pemberian pembiayaan modal usaha.

”Kami mempunyai tujuan bagaimana Muhammadiyah juga dapat menjadikan Unit Usaha Syariah (UUS) Bank BTN dalam penempatan dan pengelolaan dana lembaga. Ada sekitar Rp20 triliun dana beredar dalam bisnis yang dikelola oleh Muhammadiyah di seluruh Indonesia. Sementara, UUS Bank BTN sudah menyalurkan pembiayaan berbasis iB sekitar Rp26 miliar kepada keluarga besar Muhammadiyah di beberapa kota yang tersebar di Indonesia,” katanya.

Maryono menjelaskan, ruang lingkup kerja sama BTN-Muhammadiyah adalah dalam bentuk pengelolaan dana, pembayaran gaji pegawai, pemanfaatan jasa perbankan dan fasilitas pembiayaan lain serta cash management system.Maryono menyampaikan, Unit Usaha Syariah Bank BTN sangat terkelola dengan baik.

Pada triwulan III/2015 aset tercatat sebesar Rp13,18 triliun atau tumbuh 25,19% dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar Rp10,53 triliun. Penghimpunan dana UUS Bank BTN juga meningkat dari Rp7,91 triliun pada tahun 2014 menjadi Rp10,50 triliun atau meningkat 32,75%.

Sementara UUS Bank BTN tercatat sampai dengan 30 September 2015 telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp10,51 triliun atau tumbuh 14,99% dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp9,14 triliun. UUS Bank BTN telah mencatatkan keuntungan sebesar Rp196,09 miliar. Keuntungan ini tumbuh 44,52% dibanding tahun sebelumnya yang sebesar Rp135,69 miliar.

Bank BTN didukung oleh 820 kantor layanan (konvensional dan syariah) dan tiga regional office , ditambah 2.951 outlet Kantor Pos Online. Perseroan juga telah memiliki 1.830 ATM yang tersebar di seluruh Indonesia dan lebih dari 50.000 ATM yang terkoneksi dengan jaringan ATM Link, Bersama, dan Prima. Bank BTN juga telah dilengkapi dengan layanan prioritas di 37 kantor yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Sementara itu Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan dalam sambutannya, program Sejuta Rumah untuk Umat ini cukup bagus. Menurutnya sebagai perbankan BUMN yang mewakili negara, dengan program ini dinilai telah menjalankan kewajiban konstitusi.

“Kewajiban konstitusi untuk mensejahterakan rakyat sudah dilaksanakan salah satunya dengan program Sejuta Rumah untuk Umat ini,” ungkap Haedar

Haedar Nashir juga menyatakan dengan kerjasama ini diharapkan dapat menambah partner untuk meningkatkan kiprah yang bisa menyentuh langsung dengan masyarakat ‘binaan’ Muhammadiyah, khususnya.

Bank BTN memberikan dukungan pembiayaan berbasis iB Muhammadiyah untuk pemilikan rumah bagi para anggotanya. Menurut Dirut PT BTN Maryono menyatakan, kerja sama dengan PP Muhammadiyah ini dilatarbelakangi basis ormas ini yang begitu kuat di Indonesia. Hampir setiap wilayah tersebar anggota Muhammadiyah. Pihaknya akan memberikan kemudahan bagi anggota Muhammadiyah untuk mendapatkan rumah. (DHP)

jktproperty.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me