Pembeli Rumah Pertama Mendominasi Penjualan di Paradise Serpong

Big Banner

Serpong, KOMPAS.com – Penjualan hunian di klaster Southscape, Paradise Serpong City, didominasi pembeli rumah pertama. Hal itu ditunjukkan dengan cara bayar konsumen yang menggunakan skema KPR, bukan tunai bertahap.

“Data terbaru kami menunjukkan 80 pembelinya memang konsumen yang belum pernah membeli rumah sebelumnya, benar-benar rumah pertama. Itu juga terlihat dari pemilihan cara pembayaran mereak yang dominan leat KPR, bukan cash bertahap,” ujar Budiyono Gunawan, Finance Director Progress Group, Sabtu (14/11/2015).

Hal itu sesuai survei harga properti residensial terbaru yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI), Rabu (11/11/2015) lalu. Survei itu menunjukkan hingga kuartal III-2015 ini sebagian besar konsumen atau 75,50 persen membeli rumah secara kredit.

Dalam survei itu terlihat bahwa konsumen memilih opsi pemanfaatan kredit pemilikan rumah (KPR) sebagai fasilitas utama transaksi pembelian properti residensial, terutama rumah tipe kecil dan menengah.

“Dengan mayoritas dibeli oleh end user, maka kawasan hunian baru akan cepat hidup setelah serah terima sekitar satu tahun ke depan,” tambah Budiyono.

Setelah diluncurkan pada Maret 2015 lalu, Progress Group resmi memulai pembangunan klaster Southscape, Rabu (11/11/2015) lalu di Paradise Serpong City. Dengan memulai pembangunan lebih awal, Budiyono berharap, serah terima unit kepada seluruh pembeli bias dilaksanakan tepat waktu.

Rencananya klaster tersebut dibangun sebanyak 107 unit, unit dengan luas tanah 50 m2 dan luas bangunan 40 m2 hingga tipe 72 m2 dan luas 57 m2. Budiyono mengatakan, pemilihan tipe tersebut disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan dasar hunian modern bagi kalangan pembeli rumah pertama saat ini.

GM Business Development Progress Group, Irvan Ariesdhana, mengatakan bahwa saat ini seluruh unit yang ada sudah terjual habis. Pihaknya saat ini tengah menyiapkan produk baru yang juga akan segera diluncurkan di Paradise Serpong City akhir November nanti.

Dia mengatakan, sejauh ini daya tarik kawasan Tangerang Selatan, khususnya Serpong, terletak pada infrastrukturnya yang semakin lengkap. Akses menuju kawasan itu semakin mudah dengan adanya jalan tol JORR, JORR W2, dan transportasi kereta api.

properti.kompas.com