Rumah dengan Kolam Renang Mungil

Big Banner

Konsultasi

Housing-Estate.com, Jakarta – Kepada rubrik rancang bangun yang selalu setia saya nantikan, rencananya awal tahun mendatang saya ingin mulai membangun rumah di atas tanah 11 x 16,5 m2. Saya inginkan agar gayanya minimalis tetapi tidak kaku. Saya memerlukan parkiran di luar, garasi, area pembantu, kamar tamu, kamar tidur utama dan kamar untuk kedua anak saya. Selain itu saya ingin memiliki kolam renang di belakang dan halaman yang asri. Mohon juga disediakan ruang keluarga dan ruang baca. Demikian kira-kira yang saya butuhkan, Mohon kiranya dirancangkan denah yang baik dan tampak bangunan yang baik. Terimakasih.
Harma, Jakarta

Solusi Desain

Fasad

Fasad rumah

Fasad

Secara garis besar, fasad memiliki warna dominan abu-abu. Komposisi dinding fasad berupa kombinasi finishing cat, tempelan granit travertine bertekstur salur di lantai satu dan susunan batu malingping di pagar. Sedangkan untuk detail dan ciri khas tambahan kami desainkan profil kisi-kisi vertikal pada area jendela menggunakan material batang alumunium motif kayu. Area servis dibatasi bidang semi masif dari GRC berbentuk kerawangan, agar angin bebas masuk. Tidak lupa di sini kami rancangkan areal lansekap minimalis dengan sebuah pohon sebagai focal point area fasad.

Lantai 1

Desain carport diberi naungan atap beton yang dikombinasikan dengan material transparan agar ruang tetap terang di siang hari. Di belakang carport adalah garasi yang termasuk lantai semi basement. Pintu masuk utama berada 1,48 m lebih tinggi dari carport. Dua bidang taman mengapit area pintu masuk yang dilengkapi sebuah teras mungil dengan lantai keramik bermotif kayu. Taman dirancang minimalis dengan hamparan rumput dan sebuah pohon yang menembus atap kanopi teras.

Aksonometri

Aksonometri

Organisasi ruang di lantai satu terdiri dari ruang tamu bersisian dengan kamar tidur tamu dan sebuah toilet terpisah. Ruang makan dan dapur berada saling berdekatan tanpa sekat dengan ruang tamu. Keduanya memiliki akses langsung ke halaman belakang yang berisi teras dan kolam renang melalui deretan pintu kaca putar (pivot). Karena keterbatasan lahan, kolam renang dirancang berukuran panjang 7 m dan lebar 2,5 m. Ukuran kolam cukup nyaman untuk berenang anak-anak dan masih memungkinkan untuk orang dewasa.

Mezanin

Lantai mezanin berada sekitar 1 m lebih tinggi dari lantai satu. Area ini dikhususkan untuk fungsi servis yang terdiri dari kamar tidur pembantu, toilet dan area cuci jemur. Mezanin tersambung langsung dengan area semi basement.

Aksonometri

Aksonometri

Lantai 2

Level paling atas ini terdiri dari satu kamar tidur utama lengkap dengan toilet dan walk in closet di dalam serta dua kamar tidur anak dengan toilet luar. Ditempatkan area ruang keluarga di bagian tengah. Sudut ruang di depan kamar utama dapat difungsikan sebagai area perpustakaan atau ruang baca.

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce, op.com/id/majalah/housing-estate” target=”_blank”>Scoop & Scanie.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me