Mentan Teken MoU Perdagangan Sapi dengan Enam Provinsi – Property

Big Banner

JAKARTA – Menteri Pertanian Andri Amran Sulaiman menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan enam pimpinan daerah. Daerah tersebut adalah Provinsi DKI Jakarta, Lampung, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Menurut Amran, nota kesepahaman ini merupakan wujud dukungan Kementerian Pertanian terhadap upaya Pemprov DKI untuk memenuhi kebutuhan konsumsi sapi. Selain itu, MoU ini juga merupakan wujud bantuan Kementerian Pertanian terhadap sulitnya distribusi sapi dari daerah-daerah produsen sapi seperti NTB dan NTT.

“Selama ini daerah NTB dan NTT kesulitan dalam melakukan distribusi sapi. Kali ini dengan adanya MoU, kedua daerah tersebut dapat menjadi penyangga Jakarta untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daging sapi,” ujar Amran di Jakarta pada Jumat (13/11/2015).

Dalam MoU ini, disepakati kerjasama distribusi daging sapi menuju DKI Jakarta. Pemerintah memberikan stimulus berupa bantuan kapal pengangkut sapi dari daerah produsen sapi menuju DKI Jakarta.

Sekadar informasi, untuk mendukung distribusi daging sapi atau kerbau nasional dalam usaha mencapai swasembada daging, serta mengimplementasikan prinsip kesejahteraan hewan, Menteri Perhubungan (Menhub) memesan lima kapal ternak lagi.

Setiap kapal ternak mempunyai kapasitas 500 sapi. Adapun untuk rute kelima kapal ternak ini masih belum ditentukan. Pihaknya menunggu arahan dari Menteri Pertanian dalam menentukan rute kapal ternak.

(mrt)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me