Pencakar Langit Halangi Sinar Matahari, Penduduk New York Protes

Big Banner

KOMPAS.com – Semakin banyaknya gedung tinggi di Manhattan, New York, Amerika Serikat menimbulkan kegelisahan warganya.

Pencakar-pencakar langit ini dianggap menutupi asupan sinar matahari saat mereka bermain di taman publik, Central Park.

Hal ini kemudian mendorong warga New York mengajukan protes dengan berdemonstrasi di pusat kota pada 8 November lalu.

Menurut mereka, nyaris tiga perempat mil persegi area ruang publik atau taman tertutup bayangan gedung-gedung tinggi. Tanpa sinar matahari, taman-taman itu seakan petang sepanjang hari.

Dalam aksi bertajuk “Againts the Shadows” tersebut, warga membawa payung hitam. Payung hitam ini merupakan bentuk permintaan penghentian konstruksi gedung-gedung setinggi lebih dari 182 meter agar kota bisa memiliki lingkungan lebih baik.

Objek yang diprotes antara lain proyek pembangunan Nordstrom Tower setinggi 472 meter dan 432 Park Avenue sejangkung 425 meter.

Para demonstran menginginkan adanya zonasi sensitif dan aturan-aturan untuk jalan dan ruang publik.

Upaya demonstran itu sepertinya tidak akan menemui titik terang sebab Direktur Tata Kota, Carl Weisbrod, telah memutuskan Manhattan sebagai wilayah bisnis dengan konsentrasi tinggi di New York.

“Midtown Manhattan selalu menjadi area densitas tinggi dengan konsentrasi sarana transportasi massa dan perannya sebagai distrik bisnis utama. Kami tidak memiliki rencana untuk mengurangi hal tersebut,” tegas Carl.

Pemerintah kota New York seolah menghadapi dilema. Di satu sisi, mereka harus mendengarkan suara para demonstran.

Namun di sisi lain, gedung-gedung tinggi tersebut memberikan pendapatan bagi kota melalui pembayaran pajak dari miliuner-miliuner yang ada di sana.

Saat ini terdapat 100 gedung dengan ketinggian serentang 183 sampai 541 meter. Rekor gedung tertinggi masih dipegang One World Center yang mencapai 541 meter.

Ke depannya, dalam kurun waktu enam tahun mendatang, akan ada 23 gedung yang siap bangun di wilayah Manhattan dengan tinggi berkisar 185 sampai 472 meter.

Salah satunya adalah Central Park Tower atau Nordstrom Tower setinggi 472 meter yang diperkirakan selesai pada 2019.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me