Cikupa, Magnet Baru Bagi Peritel

Big Banner

Wilayah barat Jakarta, tepatnya di Tangerang menjadi pusat pertumbuhan properti paling pesat di Indonesia dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Area Tangerang Selatan dan Serpong seakan menjadi idola yang menjadi magnet bagi peritel besar untuk melakukan ekspansi usaha.

Potensi di wilayah ini dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi, jumlah penduduk, infrastruktur, hingga harga lahan yang masih affordable pada saat itu dibandingkan area di Jakarta Barat seperti Puri Indah, Grogol, dll.

Sesuai siklus pertumbuhan properti secara alamiah, pertumbuhan Tangerang tak hanya di wilayah selatannya saja, tetapi mulai kearah Tangerang Barat. Cikupa merupakan salah satu area yang mengalami kemajuan pesat dan juga merupakan area kantor pusat pemerintahan kabupaten Tangerang.

Dengan pertumbuhan ekonomi yang baik, pertumbuhan dan jumlah penduduk, infrastruktur dan harga lahan yang masih lebih terjangkau daripada kawasan sekitarnya, membuat Cikupa menjadi magnet baru bagi peritel besar.

Tercatat pergerakan peritel besar masuk ke area ini sejak tahun 2011, dimana Giant Estra mulai membuka gerai baru di dalam area Perumahan CitraRaya, Tangerang, yang kemudian disusul oleh banyak brand ternama lain. Selain ritel, kantor-kantor agen properti sudah mulai terlihat memadati kawasan ini.

GM Marketing PT Ciputra Residence Yance Onggo memaparkan bahwa sudah terlihat indikasi-indikasi kemajuan pesat pada daerah Tangerang Barat.

“Kita lihat sekarang sudah banyak ritel-ritel dan agen properti masuk wilayah ini. Suatu wilayah dipercayai akan berkembang apabila dua bagian ini (ritel dan agen properti) sudah berani memasuki kawasan tersebut,” ujarnya ketika ditemui di kawasan Tangerang belum lama ini.

Ia juga memaparkan bahwa sejak tahun 2010 hingga saat ini, kenaikan harga tanah permeter mencapai 50% pertahun.

“Pada tahun 2010 harga tanah sekitar Rp 750ribu permeternya. Namun, harga mulai naik ketika ritel-ritel mulai masuk mulai tahun 2011 dan terus bertambah hingga saat ini harga tanah di kawasan ini rata-rata Rp 4,5juta permeternya.”

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me